Kamis , 12 Januari 2017, 14:00 WIB

Lowongan KPPS Masih Dibuka

Red:

JAKARTA -- Hari pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak 2017 semakin dekat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta pun terus merampungkan sejumlah persiapan yang berkaitan dengan perhelatan demokrasi tersebut. Di antaranya menyangkut soal rekrutmen petugas yang akan ditempatkan di tiap-tiap TPS (tempat pemungutan suara) yang ada di seluruh wilayah Ibu Kota.

Ketua KPU DKI, Sumarno menuturkan, saat ini instansinya masih membuka lowongan kepada masyarakat untuk bergabung dalam kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Menurut dia, jumlah petugas KPPS yang dibutuhkan untuk Pilkada DKI 2017 mencapai 91.161 orang. Mereka akan disebar di 13.023 TPS yang terdapat di seluruh wilayah Jakarta.

Selain merekrut petugas KPPS, KPU DKI juga membuka kesempatan kepada masayarakat untuk menjadi petugas pengamanan langsung (pamsung) di hari pemungutan suara. Adapun total pamsung yang dibutuhkan untuk Pilkada DKI tahun ini sebanyak 26.046 orang (dua orang di tiap-tiap TPS--Red).

"Dengan begitu, jumlah keseluruhan petugas yang kami rekrut saat ini adalah 117.207 orang," ujar Sumarno kepada wartawan di Jakarta, Rabu (11/1).

Komisioner KPU DKI, M Sidik mengatakan, rekrutmen KPPS dimulai sejak 15 November lalu. Instansinya pun sudah beberapa kali mengumumkan lowongan itu di sejumlah media cetak yang ada di Jakarta. Rencananya, rekrutmen KPPS untuk Pilkada DKI 2017 bakal ditutup pada Sabtu (14/1) ini.

"Jadi, masa pendaftaran untuk menjadi petugas KPPS sekarang hanya tersisa beberapa hari lagi," ujarnya.         Ahmad Islamy Jamil, ed: Muhammad Hafil

Berita Terkait