Kamis 07 Aug 2014 15:14 WIB

Jokowi: Harus Ada Insentif Bagi Industri Kreatif

Red:

JAKARTA -- Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) ingin industri musik di Indonesia bisa maju seperti di Inggris. Dia pun menyatakan, ada tiga hal yang harus dilakukan pemerintah untuk mengembangkan industri musik yang termasuk dalam ranah industri kreatif.

Jokowi mengatakan, pemerintah harus melakukan penegakan hukum terhadap pelaku pembajakan. Dengan memberantas pembajakan, musisi akan mendapat royalti sesuai dengan karya mereka yang terjual.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Prayogi/Republika

Pengunjung melihat-liahat produk industri kreatif dalam Festival Kreatif 2014 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (13/7).

 

Selain itu, Jokowi mengatakan, negara juga akan mendapat pajak dari penjualan tersebut. "Itu juga bisa menggerakkan musisi berkarya lebih giat lagi," kata dia, setelah bertemu dengan gitaris band Arkarna Matt Hart, Rabu (6/8).

Kedua, Jokowi menuturkan, pemerintah harus membangun infrastruktur yang dapat mendukung berkembangnya industri kreatif. Seperti membangun gedung pertunjukan dan sanggar seni. Terakhir, kata Jokowi, pemerintah perlu memberikan insentif bagi pelaku industri kreatif. Misalnya, insentif untuk promosi, insentif bagi musisi yang menghasilkan album.

Hart datang dari London ke Jakarta untuk mengucapkan selamat secara langsung pada Jokowi karena sudah terpilih menjadi presiden Indonesia. Namun, saat mengobrol di ruang tamu Balai Kota, Jokowi dan Matt juga membahas soal industri musik di London.

Jokowi menyatakan, pertemuan itu membuka wawasannya bahwa banyak hal bisa dilakukan pemerintah untuk mendorong industri kreatif di Tanah Air. "Kita kan ingin tahu kenapa industri musik mereka (Inggris) bisa berkembang pesat," ujar dia.

Hart mengatakan, perjalanannya ke Jakarta tidak dibiayai oleh presiden terpilih Jokowi. "Saya ke sini biaya sendiri," ujar Matt yang mengenakan setelan jas hitam, usai mengobrol selama 20 menit di ruang tamu Jokowi di Balai Kota.

Menurut gitaris Slank, Abdee, Hart mengirimkan pesan langsung kepadanya melalui Twitter satu pekan sebelum kedatangan ke Jakarta. Saat itu, Abdee menanyakan hal yang sama pada pria asal Inggris tersebut. "Saya tanya, siapa yang membiayai kamu. Dia jawab, 'my self'," kata Abdee yang menemani Hart bertemu Jokowi.

Arkarna merupakan salah satu artis luar negeri yang memberikan dukungan pada Jokowi pada Pemilihan Presiden 2014. Arkarna berjanji datang langsung ke Jakarta apabila Jokowi menang. Hart pun memenuhi janji tersebut.

rep:halimatus sa'diyah ed: ratna puspita

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement