Ahad 29 May 2016 15:22 WIB

‘Buku Pintar’ Dokter Boyke untuk Ayah Bunda

Red: Arifin

Judul: Adik Bayi Datang Dari Mana? A-Z Pendidikan Seks Usia Dini 

Penulis: dr. H. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS dan dr. Sonia Wibisono 

Penerbit: Noura 

Cetakan: I, April 2016 

Tebal: 73 hlm 

 

Sebuah pertanyaan singkat. "Adik datang dari mana, ya?" Pertanyaan tersebut pada dasarnya sederhana dan tidak sulit untuk dijawab. Akan tetapi sebagian orang tua justru mengalami kesulitan untuk menjawab ketika anak mereka mengajukan pertanyaan tersebut.

Beberapa orang tua mungkin mulai berkeringat dingin ketika anak mereka yang masih berusia 3-4 tahun mulai mengajukan pertanyaan tersebut. Sebagian dari orang tua cenderung menjawab pertanyaan tersebut dengan mengawang-awang, sebagian lainnya memilih untuk menghindar. Meski begitu, beberapa orang tua memilih untuk menjawab pertanyaan tersebut secara gamblang.

Di tengah kebingungan orang tua dalam menghadapi pertanyaan sederhana tersebut, dr H Boyke Dian Nugraha SpOG MARS dan dr Sonia Wibisono berkolaborasi untuk memecahkan dilema tersebut. Melalui buku Adik Bayi Datang Dari Mana? A-Z Pendidikan Seks Usia Dini, kedua dokter ini memberikan panduan terkait pendidikan seks bagi anak-anak.

Buku setebal 73 halaman ini terbagi ke dalam tiga bagian besar. Pada bagian pertama, orang tua akan diajak untuk memahami cara memulai pendidikan seks pada anak sejak dini dengan cara yang benar. Dalam bagian ini, dr Boyke dan dr Sonia menyampaikan beberapa aspek pengetahuan seputar pendidikan seks yang perlu diper kenalkan kepada anak sejak dini.

Membekali anak Bagian pertama ini pun memuat berbagai pertanyaan yang sering diajukan oleh anak-anak seputar sekssekaligus panduan bagi orang tua untuk menjawab pertanyaan tersebut. Beberapa contoh pertanyaan tersebut di antaranya ialah 'Bolehkah mandi bareng?', 'Bolehkah anak laki-laki bermain boneka?' hingga pertanyaan rasa malu.

Selain itu, bagian pertama ini juga memuat beberapa edukasi yang dapat mendorong orang tua untuk bisa membekali anaknya dengan pengetahuan yang dapat melindungi mereka dari risiko pelecehan seksual.

Pasalnya, dalam bagian pertama ini, orang tua akan mendapatkan panduan cara mendidik anak terkait ruang tidur terpisah, etika berganti baju, hingga pergi ke toilet secara mandiri.

Pada bagian kedua, orang tua akan mendapatkan panduan seputar pendidikan seks bagi anak yang mulai memasuki masa pertumbuhan. Pada bagian ini, orang tua akan mendapatkan 'pencerahan' mengenai bagaimana cara yang tepat untuk menjelaskan mimpi basah, tanda-tanda pubertas seperti jakun dan menstruasi, hingga sunat.

Di samping itu, orang tua pun bisa menemukan jawaban yang tepat akan pertanyaan 'legendaris' yang cukup sering diajukan oleh anak-anak dan kerap membuat orang tua gelisah, yaitu 'Bayi datang dari mana, ya?'.

Memasuki bagian ketiga, orang tua akan dihadapkan pada pembahasan yang lebih kompleks seputar pendidikan seks bagi anak.

Pasalnya, bagian ketiga dalam buku terbitan Noura ini akan membahas perihal isu-isu yang mulai dikenal oleh anak-anak remaja.

Salah satu di antaranya ialah terkait pacaran.

Pada bagian ini juga orang tua akan diberikan pemahaman mengenai cara menjawab yang tepat ketika anak mereka bertanya mengenai istilah-istilah dewasa seperti viagra, kondom hingga isu lesbian, gay, biseksual, dan transgender atau LGBT.

Agar `awas'

Melalui panduan yang diberikan oleh dr Boyke dan dr Sonia, pemikiran orang tua terhadap pentingnya pendidikan seks bagi anak akan lebih terbuka. Dimulai dari hal yang sederhana, kedua ahli ini menunjukkan cara yang tepat untuk memberikan pendidikan seks yang sesuai dengan perkembangan usia anak.

Uniknya, setiap materi pembahasan selalu disertai dengan ilustrasi komik yang menarik dan mudah dimengerti anak. Oleh karena itu, buku ini tak hanya dapat dibaca orang tua tetapi juga bisa dibaca bersama dengan anak-anak. Ketika sang anak membaca bagian komiknya di satu halama, orang tua daapat membaca dan memberikan penjelasan kepada anak dari materi yang terdapat di halaman sebelahnya. Dengan begitu, akan terjadi komunikasi yang lebih hidup ketika orang tua memberikan penjelasan kepada sang anak.

Tanpa ada kesan menggurui, dr Boyke dan dr Sonia berhasil memberikan 'pencerahan' bagi para orang tua yang kebingungan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan anak seputar masalah seks. Pasalnya, pemilihan kata dan rangkaian kalimat dalam buku Adik Bayi Datang Dari Mana? A-Z Pendidikan Seks Usia Dinidapat dipahami dengan mudah oleh orang tua yang mungkin awam terkait pendidikan seks pada usia dini.

Meski disusun oleh dua orang ahli, tulisan yang terangkum dalam buku ini terasa mengalir ketika dibaca.

Buku ini pun tidak seperti buku teori pada umumnya yang hanya memberikan penjelasan dan ilustrasi. Ada beberapa tips dan poin-poin penting yang terangkum dengan jelas untuk membuat orang tua tetap awas dan memahami pembahasan dengan baik.

Buku Adik Bayi Datang Dari Mana? A- Z Pendidikan Seks Usia Diniini pun kembali mengingatkan pentingnya memberikan pendidikan seks pada anak sejak dini. Pasalnya, secara gamblang dr Boyke dan juga dr Sonia membuka mata para pembaca bahwa pendidikan seks yang benar dapat melindungi anak-anak dari risiko pelecehan hingga kekerasan seksual. Dengan pendidikan seks yang tepat pula, anak-anak dapat terhindar dari risiko penyimpangan seksual. "Kenalkan (Pendidikan Seks) secara bertahap dan sesuai dengan perkembangan usianya." (hlm 2)  Oleh Adysha C Ramadani, ed: Nina Chairani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement