Jumat 24 Apr 2015 11:00 WIB

Kolaborasi UI dan GE Kembangkan Telemedicine

Red:

Universitas Indonesia (UI) menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) dengan General Electric (GE) dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM), inovasi, dan penerapan solusi telemedicine, Senin (13/4). Rektor UI Muhammad Anis mengatakan, kerja sama akan mencakup pengembangan SDM bagi para mahasiswa maupun staf pendidik, pemberian beasiswa, kesempatan magang, perekrutan bagi lulusan terbaik dari universitas, serta penelitian bersama tentang berbagai teknologi, seperti gasifikasi biomassa dan gasifikasi batu bara. Selain itu, kerja sama juga akan meliputi uji coba solusi telemedicine untuk membantu melayani masyarakat di luar Jakarta. 

Hal tersebut, menurut Anis, merupakan bagian dari upaya untuk membantu mengurangi angka kematian ibu dan bayi di Indonesia. "Ini merupakan kolaborasi yang visioner. Sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia, UI selalu berusaha untuk bermitra dengan perusahaan yang dapat memberikan mahasiswa kesempatan untuk memiliki pengalaman langsung dengan teknologi terbaru, dan praktik kerja terbaik di bidang kepemimpinan dan manajemen," kata Anis.  CEO GE Indonesia Handry Satriago memaparkan, kerja sama ini diharapkan dapat mendorong pengembangan SDM di Indonesia dan mendorong lebih banyak inovasi.

"Mengembangkan SDM agar memiliki kemampuan teknis dan kepemimpinan sangatlah penting untuk membangun tenaga kerja yang lebih kompetitif yang siap untuk memimpin, berinovasi, dan bersaing secara global," kata Hendry. Perusahaan yang telah hadir di Indonesia sejak 1940 ini menyediakan teknologi terbaru dan solusi dalam penerbangan, transportasi, pembangkit listrik, manajemen energi, minyak dan gas, kesehatan dan pencahayaan. Setiap tahun, GE berinvestasi senilai 1 miliar dolar AS untuk pelatihan dan pendidikan karyawan di seluruh dunia.  Pada 2013 lalu, GE telah bekerja sama dengan Garuda Indonesia, PLN, dan Pertamina untuk mengembangkan GE Learning and Technology Center yang akan berfungsi sebagai pusat pelatihan kepemimpinan dan engineering dan lokalisasi teknologi terapan GE. n c73 ed: muhammad iqbal

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement