Jumat 17 Apr 2015 16:47 WIB

Unsulbar Laksanakan KKN di 16 Desa

Red:

Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) menggelar program kuliah kerja nyata (KKN) gelombang V periode 2015. Perguruan tinggi negeri ini menempatkan mahasiswa KKN di 16 desa yang tersebar di dua kabupaten, yakni Polewali Mandar dan Majene. "Mahasiswa yang ber-KKN di desa-desa ini diharapkan dapat berperan aktif mendorong pemberdayaan masyarakat desa dengan ilmu yang selama ini diperoleh di kampus.  Sehingga, dapat menjadi modal untuk terlibat aktif mendorong masyarakat," kata Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu (LPPM-PM) Unsulbar Abdul Kadir Paloloang di Mamuju, Ahad (12/4).

Ia menyebutkan, KKN 2015 lebih diarahkan untuk program pemberdayaan masyarakat desa sesuai dengan tematik pemberdayaan berdasarkan kebutuhan dan tujuan. Harapannya gar KKN berdaya guna serta berhasil guna. Kadir menjelaskan, masyarakat desa dengan potensi sumber daya yang dimiliki, termasuk kearifan lokal, dapat menjadi energi untuk meningkatkan kesejahteraan.

Sebagai contoh, ujar Kadir, mahasiswa fakultas ekonomi dari jurusan manajemen dan akuntansi saat berada di desa dapat mendorong pemberdayaan lembaga-lembaga di desa melalui ilmu manajemen dan atau pembenahan laporan keuangan. Ketua P2KKN Unsulbar Nurlela Tasrif menambahkan, mahasiswa ber-KKN di desa selama 40 hari. Diharapkan, dengan kurun waktu tersebut, peserta KKN dapat menumbuhkembangkan potensi yang ada di desa.

"Pemberdayaan masyarakat itu sesuai misi kampus Unsulbar sebagai perguruan tinggi negeri di Sulbar. Kita berharap pemberdayaan itu dimulai dengan tersedianya data awal tentang potensi masyarakat di desa-desa. Data itu tentunya dapat juga menjadi objek penelitian dan pengabdian di kampus sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi," kata Nurlela, dilansir kantor berita Antara, Senin (13/4). ed: Muhammad Iqbal

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement