Rabu 29 Oct 2014 14:00 WIB

Ikapi Selenggarakan Pameran Buku Internasional

Red:

JAKARTA - Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) berencana menggelar pameran buku berkelas Internasional pada 1-9 November 2014. Kegiatan ini akan diselenggarakan di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

"Tahun ini Ikapi kembali menyelenggarakan pameran buku Internasional bernama Indonesia Internasional Book Fair," kata ketua panitia penyelenggara, Remon Agus, kepada Republika, Selasa (28/10). Dia menjelaskan pameran IIBF ini akan diikuti oleh 11 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Jepang, Korea, Cina, Taiwan, Kanada, Pakistan, Mesir, dan Arab Saudi.

Dalam penyelenggaraan kali ini, Kerajaan Arab Saudi menjadi focus country. Arab Saudi akan menjadi pengisi acara paling banyak di antara negara peserta yang lain. "Kesemua acaranya akan dilaksanakan di atas area seluas 700 meter persegi," ujar Remon.

Remon menjelaskan, Arab Saudi akan menampilkan banyak acara, di antaranya penampilan karya seni budaya dan pendidikan. Selain itu Arab Saudi akan melombakan perlombaan pidato berbahasa Arab, marawis.

Arab Saudi juga akan menampilkan miniatur rencana perluasan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Tidak hanya itu, Remon menjelaskan, Arab Saudi akan memberikan satu grand prize setiap hari. "Grand prize-nya berupa naik haji. Total ada sembilan grand prize," jelas dia.

Selain Arab Saudi, RRC berencana membawa lebih dari 10 penerbitnya. Jepang, kata Remon, akan membawa 11 penerbit. Sementara Korea, selain membawa penerbit juga akan menampilkan pentas kebudayaan. "Hampir semua negara memiliki agenda masing-masing," ujar dia.

Selain itu ada rangkaian kegiatan kreatif dan inspiratif yang menghadirkan beberapa artis nasional, di antaranya, Abdee Negara dari grup musik Slank serta sutradara Mira Lesmana dan Joko Anwar.

Penerbit Republika, sebagai salah satu penerbit yang ambil andil dalam acara pameran tersebut, menyatakan kesiapannya ikut meramaikan pameran tersebut. Buku-buku keislaman seperti Api Tauhid karya Kang Abik, Rindu karya Tere Liye, ISIS karya Ikhwanul Kiram Mashuri, dan buku Perjuangan Melawan Kalah karya Nasihin Masha siap menghiasi pameran internasional tersebut.

Sebagai permulaan, pada Sabtu (1/11) pukul 18.00 WIB, Penerbit Republika akan menggelar bedah buku berjudul Berguru News Anchor pada Najwa Shihab karya Brillianto Jaya di panggung utama pameran. Salah satu nara sumber yang akan menyajikan materi adalah General Manager Repulika Penerbit Syahruddin El-Fikri. n c60 ed: fitriyan zamzami

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement