Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Buka Gerai Ritel di Papua

Red:

Tujuan utama digagasnya tol laut adalah mengurangi disparitas harga antara Indonesia timur dan Indonesia barat. PT Pelni (Persero) mencoba menjabarkan misi utama tol laut tersebut dengan merambah bisnis ritel di luar Jawa.

Sponsored
Sponsored Ads

Melalui anak perusahaannya, yakni PT Sarana Bandar Nasional (SBN) yang bergerak di bidang perdagangan dan logistik, Pelni membuka gerai ritel bernama Pelni Mart. Gerai perdana Pelni Mart sudah dibuka di Manokwari, Papua Barat, sejak Selasa (31/3). Minimarket tersebut menggunakan gedung kantor cabang PT Pelni di Manokwari.

Scroll untuk membaca

Direktur Utama PT Pelni Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan, ide membuka Pelni Mart tercetus saat dirinya menggelar rapat pimpinan yang dilaksanakan di atas KM. Kelud dalam perjalanan Jakarta-Batam-Medan pada 19-21 September 2014. 

Wimbo mengatakan, anak perusahaan PT Pelni sangat menyambut baik ide tersebut. PT SBN pun kemudian langsung menghubungi jaringan bisis untuk menyuplai barang ke Pelni Mart. Sementara, bangunannya memanfaatkan kantor cabang atau rumah dinas yang tersebar hampir di semua pulau di nusantara. "Jadilah Pelni Mart," kata Wimbo berdasarkan siaran pers tertulis yang diterima Republika.

Keberadaan Pelni Mart diyakini dapat membantu pemerintah dalam menyediakan pasokan kebutuhan pokok dan barang strategis ke wilayah Indonesia timur. Dari segi operasional, Pelni tidak akan kesulitan karena memiliki kapal multipurpose atau kapal penumpang yang juga dapat membawa kontainer.

Pelni Mart di Manokwari bukan menjadi minimarket terakhir yang dibangun. Gerai-gerai selanjutnya juga akan dibangun di Sorong dan Jayapura pada April 2015. Gerai ini diharapkan dapat memperlancar distribusi sehingga tekad pemerintah menyeimbangkan harga di Indonesia barat dan Indonesia timur dapat terwujud.

"Pelni Mart ini sangat sejalan dengan program pemerintah yang menghendaki perbedaan harga di barat dan timur tidak terlalu tinggi," kata Direktur Utama PT SBN Suharyanto.

Suharyanto menambahkan, gerai Pelni Mart ini akan dikembangkan ke pulau-pulau terluar dan terpencil yang disinggahi kapal Pelni. Dia menyebut, Pelni Mart juga bakal dikembangkan menjadi bisnis waralaba. "Konsep francisnya sedang disiapkan. Ini memberikan kesempatan kepada pengusaha atau pelaku UMKM di daerah untuk bermitra," ucap dia. Oleh Satria Kartika Yudha  ed: Irwan Kelana

Berita Terkait

Berita Terkait

Rekomendasi

Republika TV

>

Terpopuler

>