Jumat , 13 January 2017, 17:15 WIB

Honda Lebih Optimistis

Red:

Penjualan Honda pada 2016 mencatatkan angka tertinggi di pasar Indonesia dengan  pertumbuhan 125 persen dibandingkan pada 2015. Dengan prestasi tersebut, Honda sangat optimistis bahwa pasar mereka pada 2107 ini akan lebih baik lagi.

Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy mengatakan, proyeksi ekonomi cukup kondusif pada 2017. Sehingga, Honda juga optimistis untuk dapat kembali meningkatkan penjualan seiring dengan pertumbuhan di pasar otomotif nasional.

"Dengan dukungan berbagai produk dan layanan baru yang akan kami luncurkan serta didukung pengembangan jaringan diler, Honda menargetkan penjualan 210 ribu unit untuk 2017 ini," kata Jonfis di Jakarta, Kamis (12/1).

Sepanjang 2016, HPM membuka 16 diler di berbagai kota di Indonesia, sehingga menambah total diler Honda di akhir tahun lalu menjadi 167. Jumlah tersebut terdiri atas 133 diler dan 34 subdiler yang semuanya telah memiliki fungsi 3S. Pada 2017 Honda menargetkan peningkatan jumlah diler hingga mencapai 205 di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Jonfis mengatakan, berdasarkan penjualan wholesales selama 2016, segmen SUV menembus angka penjualan 189.944 unit dengan penjualan Honda 90.850 unit dan  market share mencapai 48 persen. Sedangkan, di segmen hatchback penjualan mencapai 43.150 unit dengan penjualan Honda 18.110 unit dan market share 47 persen.

"Ada peluang di segmen MPV pada 2017. Berdasarkan penjualan wholesales, selama 2016 MPV mencapai 338.874 unit dan penjualan Honda tercapai 40.338 unit dengan market share 12 persen," kata Jonfis.

Presiden Direktur PT HPM Tomoki Uchida mengungkapkan, Honda memahami, tahun ini akan memiliki tantangan tersendiri. Dengan kebangkitan pada sektor ekonomi nasional dan global, pasar otomotif diperkirakan akan bertumbuh pada 2017. Hal ini tentunya juga akan membuka peluang untuk mencapai hasil yang lebih baik tahun ini.

"Honda telah berkomitmen untuk membuat 2017 sebagai tahun pertumbuhan. Sebagai perusahaan yang memiliki 28 juta pelanggan per tahun di seluruh dunia, Honda selalu menghadirkan produk-produk yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari sekaligus membawa kesenangan dalam mobilitas," ujar Tomoki.

Ia melanjutkan, Honda berkomitmen untuk menandai tahun baru ini dengan produk dan kegiatan yang lebih menarik. Sehingga, nantinya akan terus membawa kesenangan dalam pasar otomotif Indonesia.     rep: Rossi Handayani, ed: Khoirul Azwar