Jumat 30 Dec 2016 16:00 WIB

Mobil-Mobil Anyar Sepanjang 2016

Red:

Tahun 2017 nanti, pasar otomotif nasional bakal diramaikan oleh mobil-mobil baru. Sejumlah agen pemegang merek (APM) telah menyiapkan kendaraan anyarnya yang akan dilempar ke pasar nasional.

Persiapan APM ini tidak lepas dari prediksi pasar otomotif nasional 2017 yang diperkirakan naik dua hingga lima persen.  Pengamat otomotif, Dewa Yuniardi memperkirakan, akan ada kenaikan pasar mobil hingga tiga persen atau mencapai 1,1 sampai 1,2 juta unit.  "Sesuai dengan prediksi pemerintah, pasar otomotif  akan naik sampai 2 - 3 persen," kata dia.

Kendaraan baru yang akan menghiasi jalananan tersebut  bebarapa di antaranya sudah diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia  International Auto  Show (GIIAS) lalu. Mitsubishi, misalnya, akan meluncurkan Small Crossover MPV

Mitsubishi XM pada  2017. Begitu juga denganToyota, Isuzu, Suzuki, dan merek lainnya bakal memperkenalkan produk barunya di tahun yang sama.

Sepanjang 2016 sejumlah mobil anyar dari berbagai merek juga meluncur. Kondisi pasar yang  tengah lesu tidak menyurutkan semangat  APM untuk terus menjual model barunya. Baik yang diluncurkan dalam bentuk mobil terbaru ataupun penyegaran dari model sebelumnya.

Kehadiran mobil anyar di  2016, tentunya memberikan pilihan yang beragam bagi  konsumen. Mereka dapat menentukan kendaraan mana yang layak menjadi teman kesehariannya di jalan. Selain itu, hadirnya mobil baru juga turut memeriahkan penjualan kendaraan secara keseluruhan di Tanah Air.

Hasilnya pada 2016 terlihat ada peningkatan daripada 2015 lalu meskipun belum menunjukkan angka yang signifikan. Berdasarkan data Gaikindo Wholesales 2016 kendaraan penumpang dan komersial secara total sudah melampaui 974.972 unit, sedangkan pada tahun lalu dengan periode yang sama 940.027 unit.

Berikut mobil-mobil anyar yang sudah mengaspal sepanjang 2016.

-Toyota Sienta

Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan produk terbarunya, Sienta  di pameran IIMS 2016, April lalu. Varian terbaru tersebut akan mengisi segmen Multy Activity Vehicle (MAV). Keunggulan  mobil ini adalah diproduksi di Karawang dengan tingkat kandungan lokal yang tinggi.

Sienta dengan tujuh kapasitas penumpang dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi, di antaranya power sliding door, dive-in seat, dan transmisi CVT. 

-Toyota Calya

TAM dan PT Astra Daihatsu Motor memperkenalkan produk kolaborasi program Kendaraan Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) di Karawang Agustus lalu. Adalah Toyota Calya, yang menjadi salah satu kendaraan kolaborasi keduanya.

TAM menjadikan Low Cost Green Car (LCGC) berkapasitas tujuh penumpang, Calya, sebagai salah satu model andalannya. Toyota menyatakan, pasar Indonesia memiliki kecenderungan terhadap MPV murah, untuk itu Calya dihadirkan.

-New Yaris

Awal November lalu, TAM juga meluncurkan New Yaris. Dari sejumlah tipe yang ada, kali ini ikon terbaru yang terpilih, adalah New Yaris Heykers yang memiliki karkarakter urban adventure. Mobil ini merupakan hasil rancangan dan karya anak bangsa dari tim Produk Planning Division TAM Design, dan telah disetujui oleh Principal Toyota Motor Corporation.

Kehadiran New Yaris Heykers  diharapkan mampu memperkuat posisi penjualan TAM di segmen hatchback.

-Honda All New Civic

Mobil anyar berikutnya yang meluncur di 2016 adalah All New Civic. Produksi Honda ini merupakan mobil dengan mesin turbo pertama di kelasnya.

Dipadukan dengan mesin VTEC 1.5 liter yang efisien dan bertenaga, All New Civic Turbo dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga sebesar 173 PS pada 5.500 rpm, dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 1700-5500 rpm, yang merupakan tertinggi di kelasnya. Transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology, mampu menghasilkan keseimbangan antara mesin yang responsif dari putaran rendah, dan bertenaga di putaran tinggi.

-New Brio

Pada tahun yang sama, Honda juga menyajikan New Honda Brio Satya dan New Honda Brio RS. Terdapat perubahan dari teknologi CVT yang tidak hanya menghemat bahan bakar, tapi juga tenaga efektif, karena distribusi dari mesin ke roda lebih efisien, dan tidak terlalu banyak gesekan.

Nilai lebih yang ditawarkan New Honda Brio meliputi desain baru pada front bumper, front grille, alloy wheel, dan dashboard. Selain itu, terdapat penambahan berbagai fitur, seperti sistem audio yang baru, steering switch audio, projector headlamp, dan sistem pengereman ABS.

-HR-V Mugen

Berikutnya varian terbaru HR-V Mugen. Model ini dilengkapi berbagai aksesori asli Mugen. Seperti diketahui, Mugen adalah salah satu perusahaan aksesori dengan kualitas yang baik dan berkarakter sporty. Reputasi ini sangat cocok dengan karakter Honda HR-V sebagai mobil yang stylish.

-Daihatsu Sigra

Mobil LCGC kembaran dari Toyota Calya hadir dari brand Daihatsu, Sigra. Perpaduan program Kendaraan Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) kedua brand tersebut diperkenalkan secara bersamaan di Karawang pada Agustus lalu.

Sejak diluncuran  sampai November 2016, mobil ini telah terjual sebanyak 19.341 unit.

-Sirion Sport

Sebelumnya pada awal 2016, Daihatsu meluncurkan Sirion Sport. Hadir dengan desain eksterior yang stylish dan sporty,  mobil di segmen hatchback ini memiliki desain kabin yang dirancang khusus untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Konsumen bisa menikmati kelegaan dan kenyamanan kabin bersama dengan penumpang lainnya.

-Daihatsu Hi-Max

Masih dari Daihatsu, meluncurkan kendaraan niaga, Hi-Max untuk menunjang bisnis dan usaha. Mobil ini memakai mesin 1.000 KR-DE DOHC yang bertenaga dan efisien. Eksteriornya memiliki dimensi kompak sehingga memungkinkan mobil ini lincah bermanuver di jalanan sempit.

-New Mirage

Mitsubshi  meluncurkan versi penyegaran city car andalannya New Mirage di tahun ini. Guna meningkatkan kemampuan bersaing pada segmen city car yang dihuni model pesaing seperti Daihatsu Sirion, Honda Brio, Nissan March, dan Toyota Etios Valco, Mitsubishi menyematkan tak kurang dari 12 perubahan pada New Mirage baik dari segi eksterior, interior, ataupun pengalaman berkendara.

-Suzuki New SX4 S-Cross

Suzuki meluncurkan varian baru crossover premium, New SX4 S-Cross di ajang GIIAS 2016 Agustus lalu. Mobil anyar ini masuk ke dalam medium SUV yang banyak penghuninya dari kompetitor, seperti Honda H-RV, Terios, dan Rush. Mengusung konsep desain yang mengedepankan aerodinamika, kualitas dan emosi, New SX4 S-CROSS menawarkan desain eksterior yang lebih segar lewat berbagai aksennya.

-BMW All New 730Li

BMW juga menyapa penggemarnya di Tanah Air dengan  meluncurkan model seri 7 yang dirakit di Indonesia, 730Li. Sedan papan atas ini memiliki mesin berkapasitas 1.998 cc dengan tenaga keluaran maksimal setara 258 tenaga kuda (hp), pada tingkat putaran meskn 4.000 rpm dan torsi puncak 400 Nm pada 2.000 - 2.5000 rpm.

-Mercedes-Benz New E-Class

Tak ketinggalan, brand premium Mercedes-Benz turut meluncurkan tujuh produk barunya, salah satunya E-Class terbaru. Pihak Marcy mengungkapkan, sejauh ini  konsumen lebih mendominasi untuk memilih unit New E-Class. rep: Rossi Handayani ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement