Jumat 23 Sep 2016 17:00 WIB

Pajero Sport Ungguli Mobil Terbaik 2016

Red:

Mitsubishi Pajero Sport bukan hanya unggul dari sisi desain dan penjualan, melainkan juga berhasil menyita perhatian para wartawan otomotif.  Lewat  gelaran Forwot Car of the Year (FCY) 2016, Forum Wartawan Otomotif (Forwot) memilih Pajero Sport sebagai kendaraan terbaik tahun ini.

Mobil  keluaran awal tahun 2016 ini berhasil menyingkirkan empat finalis lainnya, yaitu Chevrolet Trax, Honda Civic, Kijang Innova, dan Toyota Sienta.

Pada penyelenggaraan FCY  tahun ini, Forwot menyaring 28 mobil yang dinilai terbaik dari 16 agen pemegang merek (APM) yang  beredar di  Indonesia. Kendaraan yang masuk penilaian adalah merupakan model baru (all-new) yang diluncurkan pada periode Agustus 2015 hingga Juli 2016.

Ketua Forwot Indra Prabowo menyebutkan, proses penjurian masih tetap mengacu pada Car of the Year dari Car of the Year Committe yang dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa. Namun, kriteria tersebut telah disesuaikan dengan kondisi pasar otomotif di Indonesia.

"Ada 25 juri dari jurnalis otomotif di Indonesia yang dilibatkan untuk proses pemilihan FCY 2016. Mereka memilih mobil terbaik dengan cara polling dan penilaian scoring yang ketat," kata Indra, di Jakarta, Kamis (22/9). Indra berharap FCY mampu memberikan sumbangsih kepada para pelaku industri otomotif nasional sekaligus menjadi panduan bagi segenap konsumen otomotif di Tanah Air.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, FCY melibatkan seluruh anggota Forwot dalam mencari lima mobil terbaik dari 28 model yang memenuhi persyaratan. Kelima mobil terbaik ini kemudian melalui proses penjurian untuk memilih satu terbaik dengam sistem pengumpulan poin.

"Hasil penilaian para juri menunjuk Pajero Sport sebagai Forwot Car of the Year 2016 dengan total nilai 189 poin. Pajero sukses mengungguli  Innova dengan 140 poin, Civic 126,5 poin, Sienta 90 poin, dan Trax 79 poin," ujar Gede Widiastra selaku ketua juri FCY 2016.

Untuk menentukan satu pemenang FCY, dewan juri berasal dari 25 wartawan otomotif berbagai media nasional. Pemilihan ini ditentukan dari poin yang diberikan juri. Setiap juri mendapatkan bekal 25 poin yang harus dihabiskan untuk memilih mobil terbaik dari lima mobil yang masuk penilaian final.

Adapun kriteria penjurian adalah dari segi design, comfort, safety, economy, handling, performance, functionality, enviromental requirement, driver satisfaction, dan price. Selain itu, penilaian juga didasarkan pada preferensi yang tinggi dari para anggota dewan juri terhadap mobil berdasarkan liputannya, seperti perkenalan produk dan media test drive.

Head of Public Relation PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor APM Mitsubishi Intan Vidia Sari mengatakan, sejak pertama kali diperkenalkan pada awal tahun ini, Pajero Sport mendapat respons baik dari masyarakat. Terbukti, KTB sudah berhasil menjual 12 ribu unit hingga Agustus lalu. "Melihat respons positif ini, tahun depan Pajero Sport akan diproduksi secara lokal di Indonesia," kata Intan.    rep: Retno Wulandhari, ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement