Jumat 26 Aug 2016 17:00 WIB

Membaiknya Pasar Truk

Red:

Kendaraan komersial seperti truk juga laris selama pemeran GIIAS.  Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menorehkan angka penjualan truk sebesar 577 unit, melonjak  tiga kali lipat dibandingkan pameran yang sama, tahun lalu yang hanya 146 unit.

Komposisi penjualan masih didominasi oleh Colt Diesel sebanyak 456 unit, Fuso  87 unit, dan light commercial vehicle  34 unit.

Head of MFTBC PR & Promotion Department KTB, Sudaryanto menyebutkan, angka penjualan itu di luar ekspektasi, mengingat kondisi pasar kendaraan niaga di semester satu lalu turun sekitar 18 persen. "Sebenarnya di event ini kami lebih mengutamakan aktivitas branding dan sosialisasi produk, serta layanan kepada masyarakat untuk lebih dekat lagi dengan Mitsubishi Fuso. Namun, ternyata banyak konsumen yang memanfaatkan penawaran selama GIIAS, sehingga penjualan  melonjak hingga lebih dari tiga kali lipat dari tahun lalu," katanya. 

Ia berharap hal tersebut menjadi pertanda baik di semester kedua. KTB dapat menggenjot penjualan dan target satu juta unit Colt Diesel semakin cepat tercapai.

KTB, sambung dia, berharap pasar kendaraan niaga kembali bergairah. Naik turunnya pasar kendaraan  jenis ini bisa dijadikan sebagai indikasi kondisi ekonomi, mengingat truk  digunakan untuk mendukung bisnis dan kegiatan pembangunan. Data penjualan selama tahun 2016 (Januari-Juli), menunjukkan Mitsubishi Fuso  mempertahankan dominasi market share-nya sebesar 45,4 persen.

Secara keseluruhan, KTB membukukan angka pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak  1.917 unit, melebihi target  yang ditetapkan di awal pameran, yaitu 1.300 unit dan melampaui pencapaian SPK tahun lalu di pameran yang sama, 1.571 unit.

Secara perinci, pesanan yang masuk berasal dari produk Pajero Sport sebanyak 1.392 unit, Mirage 209 unit, Outlander Sport 162 unit, Delica 28 unit, dan Triton 126 unit. Lonjakan pesanan terjadi pada dua hari terakhir pameran  dengan angka lebih dari 500 SPK.

 

"Pencapaian ini menjadi semangat tersendiri bagi kami untuk terus memperkenalkan kendaraan yang berkualitas, termasuk Small MPV  yang akan meluncur tahun 2017," ujar Irwan Kuncoro, operating general manager, MMC Marketing Division KTB.    rep: Dian Fath Risalah, Rossi Handayani, ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement