Jumat 17 Jun 2016 15:00 WIB

TVS Tetap 'PD' Bersaing dengan Motor Jepang

Red:

Saat ini, bisa dibilang pasar sepeda motor di Indonesia didominasi oleh pabrikan asal Jepang, seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki. Kualitas produk Jepang pun sudah tidak diragukan lagi dan telah mengakar kuat di benak para pengguna produk otomotif di Tanah Air.

Namun, meskipun pasar sepeda motor dikuasi oleh keempat merek tersebut, PT TVS Motor Company Indonesia distributor TVS Motor dari India, tetap percaya bahwa produknya mampu bersaing di pasar otomotif.

"Kami percaya diri dengan produk-produk kami, terutama dalam desain tampilan dan teknologi, sehingga tidak akan membuat kami menutup pabrik," ujar Presiden Direktur TVS Motor Company, V Thiyagarajan

Marketing Manajer TVS Motor Company Indonesia, Rizal Rizkiawan Tandju menjelaskan, saat ini pabrik TVS masih tetap bertahan di tengah perekonomian Tanah Air yang lesu, bahkan, ekspor pun terus dilakukan.

"Total produksi itu kira-kira sekitar 3.000 unit, kalau untuk domestik memang hanya 10 persen, sisanya kami ekspor untuk negara ASEAN dan Afrika. Bahkan, baru-baru ini kami menerima order dari Iran," terangnya.

TVS produk Indonesia, sambung Rizal, juga tidak pernah bersinggungan dengan TVS yang diproduksi di India. Menurutnya, kedua negara sudah memiliki jalur dan strateginya masing-masing. "Buat kami, ekspor sama seperti membuka jaringan baru. Kalau untuk yang dijual di Indonesia, masih ikut tren," paparnya.

Katanya, strategi pabrikan selama ini adalah bagaimana TVS memenuhi kebutuhan konsumen dan pasarnya. Salah satunya adalah memanjakan konsumen dengan produk TVS Apache RTR 200, motor sport terbaru yang diluncurkan Januari lalu.

Head of Engineering TVS Motor Company, RVN Venkatesan mengatakan,  motor bertenaga 21 daya kuda ini dirancang untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga yang sering muncul di jalanan. "Kami membuat rangka baja terbaru sehingga materialnya lebih kuat."

Selain mempunyai mesin dan rangka yang kuat, TVS juga membuat diferensiasi dengan produk Jepang, dengan menggunakan produk pihak ketiga yang sudah dikenal luas oleh publik di Indonesia. Seperti penggunaan ban buatan Pirelli khusus untuk  TVS.

Untuk meningkatkan penjualan, TVS kini memamerkan produk motornya di Jakarta Fair.  Mereka mempertontonkan cutting engine dari RTR 200  guna memperlihatkan teknologi yang digunakan oleh tunggangan bermesin satu silinder 197,75 cc itu.

"Di arena Jakarta Fair, kami menargetkan penjualan 200 unit sepeda motor," ujar Thiyagarajan.  rep: Dian Fath Risalah, ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement