Jumat 27 May 2016 17:00 WIB

Menguji Ketangguhan All New Civic Turbo

Red:

Generasi ke-10 Honda Civic sudah dikenalkan Honda Prospect Motor (HPM) dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), April lalu. Kehadirannya telah lama dinanti-nantikan oleh pengguna setia Honda di Tanah Air.

Mengusung mesin turbo, 1.5L VTEC Turbo, Honda ingin memberikan penampilan Civic yang lebih sporty. Ini sekaligus menegaskan dominasi Civic sebagai sedan paling dominan dalam performa. Sedan besutan HPM ini rencananya akan didistribusikan ke pelanggan setianya pada  Juni mendatang. Tapi, awak media diberi kesempatan untuk membuktikan ketangguhan dan kecepatan generasi terbaru kendaraan yang dikenalkan Honda sebagai mobil global pada 1972 ini.

Honda menjadikan Sirkuit Sentul sebagai lintasan pertama untuk arena uji coba. Kendaraan ini  mampu menghasilkan tenaga maksimal 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 1.700-5.500 rpm. Dengan performa seperti ini, All New Honda Civic diklaim sebagai yang terbaik di kelasnya.

Sekitar 20 New  Civic disiapkan oleh HPM untuk dijajal dalam adu kecepatan lintasan lurus dan berbelok itu.

Dalam uji coba pertama, seluruh awak media mendapat kesempatan untuk membuktikan ketangguhan tenaga dan kecepatan yang mampu dihasilkan dari mesin turbo All New Honda Civic. Seluruh mobil harus menempuh jarak 400 meter dengan kecepatan maksimal pada lomba dragrace yang disiapkan tim Honda. Tidak butuh pemenang, hanya memerlukan pencatatan waktu tercepat untuk merampungkan jarak 400 meter.

Selian kalangan wartawan, tim Honda juga mendatangkan pembalap mobil tim Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar, untuk menyemarakkan test drive ini dan ia pun memberikan tips agar performa Civic Turbo dapat dipacau dengan maksimal.

Hasilnya, rata-rata All New Honda Civic Turbo melesat dengan catatan waktu sekitar 15 detik untuk menyelesaikan lintasan sepanjang 400 meter. Pembalap Alvin Bahar mampu mencatatkan waktu sekitar 15 detik. Di atas Alvin, empat wartawan juga menorehkan waktu lebih singkat, tapi tetap di angka 15 detik. Sementara, yang paling lambat berada di detik 17 untuk menyelesaikan waktu menempuh 400 meter.

Usai mencatatkan waktu yang dinilai sensasional dengan rata-rata 15 detik ini, Alvin menceritakan, di sirkuit Sentul yang menggelar dragrace, catatan waktu 15 detik biasanya dicapai oleh kendaraan dengan CC yang lebih tinggi dari Civic Turbo. "Biasanya, untuk dragrace di Sentul dengan jarak 400 meter dan waktu 15 detik, biasanya CC-nya minimal 2.000, kalau mesin lebih kecil biasanya sudah dimodifikasi khusus untuk dragrace, tapi All New Civic Turbo masih mesin standar," tutur dia di sela-sela Media Test Drive All New Honda Civic.

Honda  mengusung teknologi bertransmisi CVT dengan Earth Dreams Technology yang menghasilkan keseimbangan antara mesin yang responsif dari putaran rendah dan bertenaga di putaran tinggi. Sistem ini dipercaya mampu memberi akselerasi yang responsif, lebih halus dan performa mesin yang maksimal serta konsumsi bahan bakar yang efisian.

Setelah mencoba trek lurus, Civic Turbo dipacu untuk mengaspal di lintasan Sentul sepanjang 4,12 km. Transmisi otomatis yang disematkan pada mobil ini dipaksa untuk mampu beradaptasi dengan lintasan lurus maupun berkelok. Di lintasan lurus, Civic Turbo mampu dipacu hingga kesepatan 170 km/jam. Dengan kecepatan itu, pengemudinya masih mampu menjaga kestabilan mobil dengan cengkeraman ban yang terjaga.

Bahkan, saat berbelok, Civic Turbo  mampu membuat seluruh penumpang di dalamnya tetap nyaman. Dua kali All New Honda Civic digeber di lintasan Sirkuit Sentul, dua kali itu juga harus diakui kendaraan ini melewati kelokan secara stabil, layaknya ombak tenang di laut.

Usai melesatkan Civic Turbo di lintasan, kendaraan ini digeber untuk menempuh perjalanan Jakarta-Bandung. Dengan kondisi jalanan sedikit ramai kendaraan ketika menuju  Kota Kembang, Bandung, New Civic yang memiliki panjang 4.540 mm, lebar 1.755, dan tinggi 1.435 mm tetap mampu meliuk-liuk. Desain eksterior yang sporty membuat mobil anyar ini menarik perhatian dan jadi objek foto.

Konsep Karismatik

Honda mengusung konsep "Charismatic, Soulful, dan Comformatable" dalam pengembangan Civic Turbo. Konsep ini diadaptasi dalam pengemasan desain eksterior dan interior yang premium, memaksimalkan performa, tapi tetap memertahankan standar kenyamanan kendaraan mewah yang dimiliki Honda.

Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur dan teknologi terkini. Dapur pacu yang dibuat memastikan kendaraan ini menjadi yang tertinggi di kelasnya. Jadi, wajar jika satu bulan setelah diperkenalkan, All New Honda Civic mampu menarik minat konsumen, terutama pengguna setia Honda Civic yang sudah menunggu generasi terbaru.

Dari catatan Honda, sejak dikenalkan sampai pertengahan Mei lalu, Civic Turbo sudah dipesan lebih dari 300 unit. Ini menjadi catatan luar biasa untuk kelas mobil sedan premium.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT HPM Jonfis Fandy mengatakan, All New Honda Civic Turbo baru dapat didistribusikan ke diler akhir Mei.

"Mulai dikirim ke diler akhir bulan ini (Mei) dan sudah sampai ke konsumen awal Juni," ujar Jonfis di Bandung.    rep: Agus Raharjo, ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement