Peningkatan skill sumber daya manusia mutlak dilakukan dalam upaya membangun sistem pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Untuk tujuan itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) menggelar Honda Skill Contest 2016 di Training Center HPM Jakarta, pekan lalu.
Ajang tahunan yang ke-12 ini melibatkan para wiraniaga, teknisi servis, spare parts, dan customer care officer dari seluruh diler resmi Honda di Tanah Air. "Kontes ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia seiring dengan rencana ekspansi Honda menuju 200 diler pada tahun 2016," kata Presiden Direktur HPM Tomoki Uchida.
Menurut Uchida, sebelum memasuki babak final di Jakarta, kontes serupa diadakan di lima wilayah main dealer Honda. Pada babak ini sebanyak 90 personel diler ikut berkompetisi. Para finalis terdiri dari 10 wiraniaga, 10 service advisor, 50 teknisi dari servis yang terdiri dari teknisi repair, teknisi quick service, teknisi pair maintenance, dan body paint. Sebanyak 10 orang dari spare parts dan 10 orang dari customer care officer juga mengikuti kontes keahlian ini.
Menurut Uchida, penyelenggaraan kontes tidak lepas dari komitmen Honda untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. "Seiring dengan peningkatan penjualan Honda, harapan pelanggan terhadap pelayanan kami tentunya juga ikut meningkat. Terlebih, pada 2016 ini Honda terus berkomitmen untuk melakukan ekspansi jaringan diler hingga 200 diler," katanya.
Disebutkan, kompetisi ini merupakan ajang yang tepat untuk meningkatkan dan menguji kemampuan sebagai ujung tombak Honda dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan.
Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT HPM, menambahkan, setiap aktivitas dalam kontes ini secara khusus dirancang untuk menumbuhkan sifat profesionalisme dari setiap personel diler yang secara langsung akan berhubungan dengan customer. "Melalui kompetisi ini, kami sekaligus memastikan bahwa pelanggan kami selalu dilayani oleh tenaga diler yang terbaik dalam bidangnya," ujarnya.
Honda Skill Contest merupakan program tahunan HPM, di samping untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian para wiraniaga, teknisi servis, spare parts, dan customer care officer Honda. Acara ini juga pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan customer satisfaction Honda. Oleh Khoirul Azwar