Jumat 12 Feb 2016 21:29 WIB

SUV Jadi Andalan Mazda

Red: operator

Mobil sport  utility vehicle (SUV) menjadi andalan PT Mazda Motor Indonesia (MMI) tahun lalu. Model ini mampu mendongkrak penjualan secara keseluruhan pada 2015 dengan angka total 9.334 unit atau naik dua persen dari 2014.

SUV yang menjadi pendorong penjualan bagi MMI, di antaranya New Mazda CX-5 sebanyak 48 persen dari total penjualan, kemudian All New Mazda2 dengan 32 persen, dan mencatat pertumbuhan 67 persen pada 2015. 

Senior Marketing Manager PT MMI Astrid Adriani Wijaya mengungkapkan, jenis kendaraan penumpang SUV masih tetap menjadi andalan pada 2016. Ia yakin SUV Mazda juga masih akan mendominasi seperti pada tahun sebelumnya. 

"Tahun ini saya rasa tren SUV masih cukup baik. Ini kuat karena banyak yang main. Kami sendiri punya backbone CX-5 dan Mazda2," kata Astrid di Jakarta, Rabu (10/2). 

Dia meyakini, akan banyak konsumen yang memilih jenis SUV yang lebih tinggi. Terlebih, di musim penghujan seperti sekarang, yang mana banyak jalan yang tergenang air. Selain itu, dengan banyaknya agen tunggal pemegang merek (ATPM) yang bermain di segmen ini, pasar akan semakin bertumbuh. 

Terkait akan adanya produk baru Mazda, Astrid belum bisa menjelaskan lebih lanjut.  Namun, ia optimistis pasar otomotif nasional akan lebih baik dan masih terbuka. "Kami percaya, di tengah-tengah kondisi pasar otomotif Indonesia yang cukup menantang, Mazda akan terus berupaya dan tumbuh bersama para pelanggan," kata dia memaparkan. 

Astrid melanjutkan, All New Mazda juga mencatatkan pangsa pasar sebesar 9,8 persen, kemudian Mazda CX-5 sebesar 11,8 persen, serta Mazda Biante 34,7 persen. Pencapaian ini telah sukses membawa kenaikan pangsa pasar Mazda secara keseluruhan sebesar 0,1 persen menjadi 0,9 persen pada 2015. Sedangkan, pasar otomotif nasional secara umum mengalami penurunan 13,7 persen.

Pertumbuhan lainnya juga diraih MMI untuk customer visit ratio (pelanggan Mazda yang kembali melakukan perawatan mobil di diler resmi Mazda), yakni sebesar empat persen dibandingkan 2014. 

Presiden Direktur MMI Keizo Okue mengatakan, seluruh pencapaian yang diraih Mazda pada 2015 merupakan pembuktian dari segala usaha terbaik untuk terus menunjukkan konsistensi dalam menghadirkan produk dan pelayanan kepada pelanggan.

Pada 2016, MMI telah menyiapkan serangkaian kegiatan untuk meningkatkan kepuasan serta loyalitas pelanggan. Upaya yang dilakukan di antaranya mengasah keterampilan karyawan diler resmi Mazda melalui kompetisi Mazda Technician Contest. Para pemenang akan berpartisipasi di Mazda Technician Contest tingkat Asia-Oceania dan kompetisi tenaga penjual nasional melalui kompetisi Indonesian Cup 2016. 

Sedangkan, untuk memperluas jaringan, tahun ini akan diresmikan diler baru Mazda di daerah Puri Indah, Jakarta Barat. Selain itu, akan diberikan sertifikasi diler Mazda Cibubur sebagai certified body dan workshop di Jabotabek.rep: Rossi Handayani, ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement