Jumat 05 Feb 2016 15:00 WIB

GIIAS 2016 akan Gairahkan Pasar Otomotif

Red:

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akan menggairahkan pasar otomotif dengan menggelar pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Pameran berskala internasional ini dilaksanakan pada 11-21 Agustus 2016 di Indonesia Convention and Exhibition, kawasan BSD, Tangerang, Banten, dan diikuti oleh belasan agen tunggal pemegang merek (ATPM).

Ketua Umum Gaikindo Sudirman MR mengungkapkan, pameran tahun ini menjadi penyelenggaraan yang paling penting karena didukung oleh Organisasi Internasional Pembuat Kendaraan Bermotor, OICA.

"GIIAS 2016 sangat penting karena kita dapat diakui dan masuk ke dalam kalender OICA. Dalam kurun waktu lima tahun mendatang, GIIAS akan menjadi salah satu yang terbaik di antara pameran otomotif berskala internasional di dunia yang tercantum di kalender otomotif OICA," kata Sudirman di Jakarta, Selasa (2/2).

Salah satu keuntungan akreditasi atau pengakuan dari OICA tersebut, kata dia, adalah pameran ini nantinya akan menjadi perhatian dunia sehingga membuka kesempatan bagi industri otomotif Indonesia. Selain itu, juga akan memperlihatkan pencapaian dan besarnya potensi pasar otomotif Indonesia.

Pameran ini nantinya bakal diikuti oleh 34 merek kendaraan dari ATPM yang terdiri atas 26 merek kendaraan penumpang, seperti Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, Daihatsu, Dodge, Fiat, Honda, Hyundai, Isuzu, Jaguar, Jeep, KIA, Mazda, Mercedez-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Tata Motors, Toyota, VW, dan delapan merek kendaraan komersial yang terdiri atas Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan Tata Motors. "Mereka sudah menyatakan kesiapan untuk mendukung pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara," kata dia.

Ketua penyelenggaraan GIIAS 2016, Johnny Darmawan, mengungkapkan, target penjualan pada pameran sebelumnya sebesar Rp 5,4 triliun dan 2016 naik menjadi Rp 5,7 triliun. Kenaikan tersebut dapat terjadi dengan hadirnya model baru dan teknologi kekinian yang ditawarkan kepada konsumen.

Dalam ajang ini, Gaikindo menggandeng Seven Events sebagai penyelenggara. Presiden Direktur Seven Events Andy Wismarsyah mengatakan, dalam ajang ini, pengunjung masih akan tetap mendapatkan berbagai kemudahan. Selain itu, akan ada beragam acara, seperti the 11th Indonesia International Automotive Conference dan lomba lainnya.

Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan mengaku senang dengan adanya pameran otomotif ini. Sebab, industri otomotif memiliki kontribusi besar  dalam menyediakan lapangan kerja.

"Industri otomotif masih berpusat di Pulau Jawa. Ada Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku yang membutuhkan banyak produk otomotif sehingga kesempatan untuk berkembang masih sangat jauh," kata dia. rep: Rossi Handayani ed: Khoirul Azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement