Jumat 27 Nov 2015 17:00 WIB

Gandeng 123 Perusahaan Lokal

Red:

Sehari setelah meluncurkan produk global All New Kijang Innova, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menggelar The All New Kijang Innova Line-Off Ceremony, Selasa (24/11). Acara ini sekaligus menandai produksi massal kendaraan generasi terbaru Kijang di Pabrik Karawang, Jawa Barat.

Pabrik Karawang 1 TMMIN merupakan pabrik pertama di dunia yang memproduksi The All New Kijang Innova. The All New Kijang Innova adalah generasi keenam dari model legendaris Kijang yang produksi pertamanya di Indonesia diawali pada 1977. Dimulai dengan kandungan lokal 18 persen, saat ini The All New Kijang Innova memiliki kandungan lokal sebesar 85 persen dan terus meningkat seiring dengan keterlibatan sumber daya manusia Indonesia di Toyota Indonesia dan pemasok lokal.

Presiden Direktur TMMIN Masahiro Nonami mengatakan, sebanyak 16 perusahaan pemasok lokal baru ikut terlibat dalam proses produksi The All New Kijang Innova sehingga jumlah total pemasok lokal lapis pertama TMMIN menjadi 123 perusahaan.

Wakil Presiden Eksekutif TMC Seiichi Sudo menyampaikan kepercayaan TMC kepada Toyota Indonesia dalam memproduksi produk berkualitas global. "Ketika kami meluncurkan proyek Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV), diputuskan bahwa Toyota Indonesia harus memainkan peran inti dalam proyek tersebut. Saya meyakini bahwa kesempatan itu tidak salah karena telah berulang kali membuktikan kapabilitas untuk memproduksi kendaraan berkualitas global, seperti The All New Kijang Innova," ungkap Sudo.

Pengembangan Kijang masuk dalam proyek IMV sejak generasi kelima atau dikenal dengan Kijang Innova. Bersama Hilux dan Fortuner, Kijang menjadi salah satu produk Toyota dengan platform global. Ini memberi peluang kepada Kijang untuk memiliki akses yang lebih luas ke pasar mancanegara atau global.

Kijang merupakan model pertama yang diekspor Toyota Indonesia pada 1987 dengan volume sekitar 500 unit per tahun ke negara di ASEAN dan Pasifik. Kini, Kijang Innova menjadi salah satu tulang punggung ekspor Toyota Indonesia. Selama lima tahun terakhir, ekspor utuh Kijang Innova rata-rata mencapai 16 ribu unit per tahun ke negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah. khoirul azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement