Senin 16 Mar 2015 16:00 WIB

Menunjang Fun to Drive

Red:

Salah satu aspek yang menjadi perhatian pabrikan mobil adalah fitur konektivitas dalam mobil.  Fitur ini dinilai dapat menambah kesan fun to drive bagi pengemudi dan penumpang berkat kemampuan sistem audio terkoneksi dengan peranti multimedia atau gadget. Beberapa pabrikan otomotif di Indonesia pun secara berangsur-angsur menanamkan fitur konektivitas ke dalam produk-produk andalannya.

Ambil contoh line up andalan PT Mazda Motor Indonesia, yaitu All New Mazda2.  Mobil yang pertama kali diluncurkan dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 ini dilengkapi dengan fitur konektivitas nirkabel bernama MZD Connect. Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia Astrid Ariani Wijana kepada Republika menjelaskan maksud dan tujuan fitur MZD Connect ditanamkan pada All New Mazda2.

"MZD Connect membuat berkendara menjadi semakin praktis dan menyenangkan," ujar Astrid.  Sekadar catatan, All New Mazda2 merupakan kendaraan pertama keluaran Mazda di Tanah Air yang telah dilengkapi MZD Connect. Fitur ini juga memungkinkan penggunaan konektivitas internet dan layanan sosial media dengan aman dan mudah kala berada di dalam kendaraan.

 

Selain itu, MZD Connect juga berperan sebagai entertainment hub yang memungkinkan peranti memutar beragam format media yang populer saat ini, seperti MP3 dan MP4. Dengan melakukan pairing antara gadget dan sistem audio pada All New Mazda2, secara otomatis semua format media yang terdapat dalam gadget dapat diputar via sistem audio secara nirkabel. Setelah perangkat komunikasi terhubung, pesan teks yang masuk juga dapat ditampilkan melalui layar LCD yang terletak di tengah dashboard. 

Dengan demikian, pengendara pun dapat dengan mudah membaca pesan teks karena tidak harus membacanya melalui layar smartphone. Fitur lain yang juga melengkapi konektivitas di dalam mobil adalah fitur koneksi internet. Salah satu pabrikan yang menanamkan fitur itu adalah Toyota melalui produk hatchback andalannya, yaitu All New Yaris. 

Multi information display (MID) yang terdapat dalam mobil tidak hanya berfungsi sebagai sarana multimedia. MID juga dapat digunakan sebagai sarana berselancar di dunia maya.  Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo mengatakan, fitur ini ditanamkan dengan tujuan memberikan nilai tambah terhadap produk. 

Selain itu, koneksi internet yang tertanam dalam sistem audio juga dimaksudkan untuk menunjang gaya hidup masyarakat masa kini yang semakin lekat dengan dunia internet. "Fitur itu bernama Toyota Move," ujar Rahmat.  Dengan Toyota Move, pengendara dapat leluasa mengakses berbagai situs informasi dan hiburan favorit mereka.

Toyota pun mengemas kecanggihan teknologi tersebut melalui fitur advanced information and entertainment system. Layar MID yang terdapat dalam All New Yaris juga dilengkapi dengan teknologi touch screen serta air gesture. Secara khusus, air gesture juga membuat pengendara dapat mengontrol fitur melalui gerakan tertentu di atas sensor tanpa harus menyentuh layar. 

Selain pada All New Yaris, PT TAM juga melakukan inovasi pada produk premium terbaru, yaitu Lexus NX 200t.  Sport utility vehicle (SUV) andalan Lexus Indonesia ini dilengkapi dengan fitur terkini, yaitu wireless charging. Principal Lexus Indonesia Suparno Djasmin mengatakan, fitur tersebut membuat pengendara dapat melakukan isi ulang baterai smartphone secara nirkabel. 

"Fitur ini dapat memberikan kepraktisan bagi masyarakat yang dinamis," kata Suparno. Sekadar gambaran, wireless charging dapat beroperasi berkat gelombang induksi yang dipancarkan pada holder smarthphone yang terletak pada konsol tengah kursi di baris depan.  Hanya dengan meletakan smartphone pada holder, baterai smartphone dapat terisi secara nirkabel  sehingga dapat memberikan kemudahan bagi pengendara karena dapat melakoni perjalanan sembari melakukan isi ulang baterai smartphone.

PT Honda Prospect Motor (HPM) pun tak ketinggalan dalam konteks konektivitas ini. Honda menanamkan fitur bernama Screen Mirroring.  Fitur ini memungkinkan layar LCD, yang juga berfungsi sebagai multi information display (MID), dapat menampilkan gambar pada layar gadget.  "Layar MID dapat menggantikan layar smartphone. Pengendara juga dapat mengoperasikan gadget malalui layar MID," ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT HPM Jonfis Fandy.

Screen Mirroring melalui MID touchscreen dapat berfungsi setelah gadget terhubung dengan kabel optional high definition multimedia interface (HDMI).  Setelah kabel HDMI terhubung, pengendara dapat leluasa mengoperasikan gadget, misalnya memilih lagu, video, dan menampilkan foto-foto yang tersimpan dalam gadget melalui MID.

PT Ford Motor Indonesia (FMI) pun memiliki fitur konektivitas di dalam sejumlah line up mereka.  Fitur itu bernama Ford Sync. Menurut Managing Director PT FMI Bagus Susanto, seperti dilansir kantor berita Antara, Jumat (13/3), Ford Sync telah ditanamkan pada Ford All New Ranger, All New Focus, dan All New Fiesta. 

Fitur ini merupakan fasilitas berteknologi tinggi yang memungkinkan pengendara mobil untuk bisa mendengarkan musik, menerima, atau membuat panggilan telepon di dalam mobil hanya dengan perintah suara (voice command). Dengan begitu, tangan pengemudi tetap berada di kemudi, sementara mata fokus ke depan. 

"Sehingga, unsur keselamatan dalam berkendara tetap menjadi fokus utama," ujar Bagus. Fitur ini juga cocok untuk mendukung masa kini nan modern. Ford Sync memungkinkan pengendara terus terhubung via blue tooth dengan peranti lain, seperti smartphone.n c72 ed: muhammad iqbal

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement