Senin 07 Jul 2014 12:00 WIB
suarapublika

Surat Terbuka Franz Magnis Merusak Kerukunan

Red:

Saya kira surat terbuka Pak Magniz Suseno terkait tudingannya kepada capres Prabowo-Hatta dan pendukungnya amat tendensius kurang pas dan akibat salah paham beliau dalam memahami ruh atau spirit Islam sesungguhnya. Islam garis keras yang dituduhkan kepada tokoh-tokoh Islam sangat absurd dan naif yang menandakan kekurangpahaman beliau terhadap ajaran Islam itu sendiri.

Silakan Anda dialog terlebih dahulu misalnya dengan pak Amien Rais untuk memahami apa yang dimaksud semangat Perang Badar itu. Singkat cerita, menurut saya ada kekeliruan mendasar dalam memahami ajaran Islam dan mengenali jalan pikiran tokoh-tokoh Islam. Saya amat yakin mereka (tokoh-tokoh Islam) dan ajaran Islam tidaklah seperti yang Pak Magniz persepsikan.

Dialog dari hati ke hati lebih baik sebelum menulis surat-surat semacam ini yang justru dapat memicu persoalan runyam di kemudian hari dan tidak berkontribusi positif bagi kedamaian, kerukunan hidup umat beragama di Indonesia. Ini sungguh karena ketidakmengertian beliau saja (Pak Magniz yang terkesan fobia dengan Islam

atau paling tidak tokoh-tokoh Islam di Indonesia).

Aries Musnandar

Sriganding Dalam 45 Lowokwaru

Malang,  Jatim

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement