REPUBLIKA.CO.ID | EPAPER REPUBLIKA
Friday, 28 April 2017
2 Sya'ban 1438
Find us on:
4.160 orang Menari Jepen
Thursday, 01 Jan 1970

SAMARINDA -- Sebanyak 4.160 orang menari jepen rentak olah bebaya di Stadion Madya Sempaja Samarinda, Kalimantan Timur. Kegiatan ini untuk merayakan Hari Ulang Tahun Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Senin(9/1).

Kegiatan ini tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). "Semoga dengan tercatatnya tari jepen di rekor Muri, maka ke depan seni dan budaya asal Kaltim bukan hanya dikenal secara nasional, tetapi semakin meluas hingga dikenal tingkat dunia," ujar Gubernur Kaltim Awang Faroek.

Jumlah peserta tari jepen melebihi target awal dari panitia sebanyak 4.000 orang. Tari jepen rentak olah bebaya merupakan tarian khas masyarakat pesisir Suku Kutai di Kalimantan Timur. Selain dibawakan para orang terlatih, tarian ini juga diikuti sebagian besar peserta upacara dan tamu undangan yang hadir di Stadion Sempaja.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama istri Gusti Kanjeng Ratu Hemas menjadi tamu undangan. Pasangan ini turut berbaur menarikan jepen bersama peserta lain. Tampak juga Sekretaris Provinsi Kaltim Rusmadi, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), dan sejumlah pejabat di Kaltim maupun kabupaten/kota juga ikut menari jepen.      antara, ed: Erdy Nasrul