Jumat 09 Dec 2016 16:00 WIB

ISIS Semakin Dekat dengan Indonesia

Red:

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengungkapkan, ancaman kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) semakin mendekati Indonesia. Kelompok yang sekarang sudah memasuki Filipina Selatan ini dinilainya menganggap Indonesia sebagai negara strategis. "Mereka ingin membuat jaringan di Asia Tenggara," kata Gatot dalam siaran pers yang diterima Republika, Kamis (8/12).

Posisi mereka saat ini harus menjadi perhatian bersama. Dengan semakin mendekatnya kelompok ISIS, jaringan teroris dari luar negeri akan semakin mudah masuk ke Indonesia.

Dia mengatakan, seluruh pihak harus meningkatkan kewaspadaan. Negara harus mampu mencegah jaringan teroris asing masuk ke Indonesia.

Pihaknya yakin Indonesia mampu membendung masuknya jaringan ini. Syaratnya, masyarakat dan pemerintah sama-sama bersinergi menguatkan pengawasan keamanan dan pertahanan.

Ideologi Pancasila, menurut dia, akan mengalahkan terorisme yang sempit dan sektoral. Ideologi bangsa ini, menurut dia, mengajarkan keterbukaan, kebersamaan, dan persatuan yang tidak dimiliki paham radikal.    Dadang Kurnia, ed: Erdy Nasrul

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement