Kamis 08 Dec 2016 15:00 WIB

Gempa Aceh tak Pengaruhi Pilkada

Red:

JAKARTA -- Gempa di Aceh yang terjadi pada Rabu (7/12) pukul 05.03 WIB telah mengakibatkan puluhan orang meninggal dan ratusan luka-luka. Meski demikian, hal tersebut tidak berpengaruh terhadap pelaksanaan pilkada serentak di Aceh Darussalam.

''Pilkada harus jalan terus. Justru dengan musibah gempa ini menjadi momentum sangat tepat bagi kandidat calon gubernur, bupati, dan wali kota di seluruh Aceh Darussalam untuk turun ke lapangan membantu masyarakat yang menjadi korban gempa itu,'' kata Ketua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy kepada wartawan, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (7/12).

Politikus PKB itu menyatakan, pilkada di daerah yang terdampak gempa, banjir, dan bencana lainnya tetap berjalan. Justru para kandidat diharapkan membantu masyarakat di saat situasi susah seperti ini. ''Pilkada di daerah terdampak bencana jalan terus dan tidak terpengaruh dengan bencana,'' ujarnya.

Seperti diketahui, pilkada serentak gelombang kedua pada 15 Februari 2017 diikuti 101 daerah dari tingkat provinsi, kabupaten, dan kota. 

Untuk di Aceh, ada 19 daerah yang melaksanakan pilkada serentak, Provinsi Aceh sendiri akan mengadakan pemilihan gubernur. Selain itu, ada tiga kota, yakni Banda Aceh, Lhokseumawe, Langsa, dan Sabang.

Untuk Kabupaten, yaitu Aceh Utara, Aceh Timur, Bener Meriah, Pidie, Simeulue, Aceh Singkil, Bireun, Aceh Barat Daya, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Tengah, dan Aceh Tamiang.     Eko Supriyadi, ed: Muhammad Hafil

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement