Kamis 27 Aug 2015 18:00 WIB

layanan Perizinan Kota Yogya Jadi Percontohan

Red:

YOGYAKARTA — Kinerja pelayanan di Dinas Perizinan Kota Yogya karta mendapat apresiasi dari Men teri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men pan RB), Yuddy Chrisnandi. Ia pun beren cana menjadikan Dinas Perizinan Kota Yogyakarta sebagai percon to han pelayanan perizinan secara nasional.

Hal itu disampaikan Yuddy usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Balai Kota Yogyakarta, Rabu (26/8) pagi. Didampingi oleh Wali Kota Yogyakarta, Hariyadi Suyuti, se lama 30 menit Menpan RB berkeliling dan meninjau meja kerja para staf di dinas tersebut.

Pada kesempatan itu, ia me ngaku puas dengan kinerja pelayanan di Pemkot Yogyakarta. "Sidak ini untuk memastikan bahwa layanan publik berjalan baik. Karena selama ini masyarakat banyak yang menilai aparat tidak disiplin, ternyata tidak seperti itu. Sidak ini membuktikan aparat bisa bekerja dengan baik," kata Yuddy.

Yuddy menilai, layanan dan tata kelola yang dilakukan Pemerintah Kota Yogyakarta sudah cukup baik sehingga bisa dijadikan sebagai 'role model' secara nasional. Menurut dia, Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki berbagai keunggulan.

Di antaranya adalah indeks persepsi korupsi yang cukup rendah, pela yanan di Dinas Perizinan yang cepat dan lengkap, serta tata kelola pemerintahan yang baik sehingga berkali-kali memperoleh penghargaan dari pemerintah pusat dan berbagai pihak lain.

Adapun bagi seluruh petugas di lingkungan Dinas Perizinan Kota Yog yakarta, Yuddy meminta agar terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat untuk mendukung peningkatan investasi di wilayah setempat. Karena adanya kepastian perizinan yang cepat dan tidak tebang pilih bisa memberikan keoptimisan bagi calon investor mau pun masyarakat.

Ia menekankan, kemudahan pela yanan perizinan menjadi garda ter depan peningkatan investasi di suatu daerah. Dan menurutnya, Dinzin sangat berhubungan dengan investasi terlebih kondisi pere konomian sa ngat tidak menentu karena ekonomi global.

Daerah lain, lanjut Yuddy, bisa menerapkan pelayanan perizinan seperti yang dilakukan Pemkot Yogyakarta namun tetap harus dise suaikan dengan kebutuhan dan kondisi da erah. Sehingga tidak harus berben tuk dinas tetapi bisa juga berbentuk badan atau bentuk lainnya.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, mengatakan pelayanan yang diberikan di Dinas Perizinan didasarkan pada aturan-aturan yang sudah di buat. "Menpan RB mengatakan Dinas Perizinan kita akan dijadikan role model untuk pelayanan perizinan di Indonesia," katanya.

Menurut Haryadi, Menpan juga tidak keberatan jika layanan perizinan di Kota Yogyakarta berada di bawah dinas bukan badan seperti imbauan pemerintah. "Asal argumenta tif dan visinya melayani secara mak simal," ujarnya. ed : yusuf assidiq

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement