Jumat 12 Sep 2014 17:00 WIB

‘Surga’ Baru Bernama Tomini

Red:

Sebagai negara berbentuk kepulauan, pusat-pusat wisata bahari seperti tak habis-habisnya bermunculan di Indonesia. Setelah dunia mengenal Lombok, Bunaken, dan Raja Ampat, satu lagi titik wisata bahari mencoba menarik pelancong dari berbagai penjuru mata angin.

Titik wisata yang akan dicuatkan tersebut tersebar di seantero Teluk Tomini yang merentang dari Gorontalo, Sulawesi Utara, hingga Sulawesi Tengah. Seperti aneka tempat wisata bahari di nusantara, Teluk Tomini dan sekitarnya juga menawarkan terumbu-terumbu karang nan menarik serta ekosistem laut yang beragam.

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:ANTARA

Nelayan mencari ikan di perairan Teluk Tomini, Poso, Sulawesi Tengah, Kamis (6/3).

Salah satu titik yang menjadi sorotan di teluk tersebut, yakni kawasan pantai dan perairan Olele. "Keindahan bawah laut Pantai Olele ternyata sangat menarik, bisa saja menyaingi keindahan laut di beberapa objek wisata lainnya di Indonesia," kata Grace, seorang penyelam mengomentari keindahan Olele.

Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, belakangan menyelenggarakan Festival Teluk Tomini untuk memperkenalkan objek wisata yang disebut berkelas dunia itu. Acara puncak diselenggarakan pada Kamis (11/9) di Pantai Lebo, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Rangkaian acara juga dimeriahkan oleh aksi seni tari kolosal, atraksi parade kapal nelayan, pameran berbagai potensi kelautan dan perikanan, serta penyerahan hadiah lomba fotografi bawah laut. 

Puncak Festival Teluk Tomini ditandai dengan penabuhan kakula dan pelepasan balon serta konventi. Festival Tomini tahun ini juga merupakan persiapan untuk menyambut Sail Tomini 2015.

Sebelumnya, peluncuran Festival Teluk Tomini telah dilakukan pada Agustus lalu dan diresmikan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Syarif Tjitjip Sutarjo. Teluk Tomini merupakan destinasi wisata yang memiliki kekayaan sumber daya hayati dan nonhayati berlimpah dan menjadi wisata bahari unggulan Indonesia.

Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia (DEKIN) Dedy H Sutisna mengatakan, pesona kawasan laut dan keragaman budayanya membuat teluk yang terletak di antara segitiga terumbu karang ini menyimpan eksotika pariwisata yang menarik untuk dijelajhi. "Sektor wisata bahari merupakan bidang yang paling efisien dan tepat dalam penanaman investasi jika dibandingkan dengan bidang lainnya," ujarnya.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengatakan, Tomini sebagai destinasi wisata bahari patut diperhitungkan sebagai sebuah potensi kelautan. "Kompetisi foto underwater yang terpajang pada pameran telah membuktikan keindahan surga bawah laut Tomini, itu saja baru delapan titik yang terjangkau, padahal masih terdapat 80 persen wilayah bawah laut yang belum terekspos keindahannya," katanya memaparkan. antara ed: fitriyan zamzami

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement