Jumat 07 Aug 2015 16:00 WIB

Malam Seni MTQ MN XIV Universitas Indonesia Alquran Inspirasi Berkarya

Red:

Alquran diturunkan Allah untuk mengubah peradaban umat manusia, termasuk memberi inspirasi dalam berkarya. Itulah yang dialami novelis Habiburrahman El Shirazy atau akrab disapa Kang Abik. Petikan ayat-ayat Alquran telah mengilhamkan lahirnya sejumlah novel Kang Abik.

"Ada tiga novel saya yang terinspirasi ayat-ayat Alquran," ungkap Kang Abik saat malam senin Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XIV di Universitas Indonesia, Ahad (2/8) malam.

Kang Abik pun mengisahkan satu persatu novel yang terinspirasi oleh ayat-ayat Alquran. Ayat-Ayat Cinta, salah satunya. Novel yang sukses mengantarkan Kang Abik ke tengah masyarakat pembaca ini terinspirasi dari surah az-Zukhruf ayat 67. Menurut dia, ayat ini berbicara tentang hukum cinta yang luar biasa dahsyat.

Kang Abik mengatakan, orang yang saling mengasihi di dunia pada hari akhir kelak akan menjadi musuh, kecuali orang-orang yang bertakwa. Tidak peduli suami istri, adik kakak, ataupun karib. Hanya ikatan keimanan yang mampu menyelamatkan. Ketika Kang Abik mentadaburi ayat itu, datanglah ilham untuk menulis novel berjudul Ayat-Ayat Cinta.

Hal serupa juga terjadi pada novel Ketika Cinta Bertasbih (KCB) dan Api Tauhid. KCB terlahir setelah Kang Abik mentadaburi al-Hadid ayat 1. Kang Abik mengatakan, kalau apa yang ada di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah, cinta pun harusnya menjelma untaian tasbih. Maka lahirlah, Ketika Cinta Bertasbih.

Novel terbaru Kang Abik, Api Tauhid, lahir dengan cara sama. Novel sejarah yang mengisahkan sosok ulama Turki, Badiuzzaman Said Nursi, ini terinspirasi dari ar-Rum ayat 50. "Di sana, tokohnya nyaris putus asa, tapi kemudian diingatkan akan besarnya rahmat Allah SWT," kata Kang Abik. n c38 ed: hafidz muftisany

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement