Sabtu 18 Jan 2014 06:21 WIB
Liga Premier Inggris

Arsenal Tetap Tenang Hadapi Fulham

Jack Wilshere
Foto: AP/Alastair Grant
Jack Wilshere

REPUBLIKA.CO.ID, Jack Wilshere kembali menjadi sorotan. Satu golnya ke gawang Aston Villa, pekan lalu, mengantarkan Arsenal kembali ke puncak klasemen Liga Primer Inggris. Pelatih Arsene Wenger tak bisa menutupi kegembiraannya melihat permainan anak asuhnya tersebut.

Wenger mengungkapkan, timnya saat ini dalam tekanan besar akibat ketatnya persaingan pada liga domestik. Namun, performa trengginas Wilshere mampu memberi rasa tenang. “Jack Wilshere bukan hanya seorang pengumpan. Dia bisa melakukan segalanya dengan bola,” kata Wenger, tengah pekan ini, seperti dilansir laman BBC.

Sikap tenang, kata Wenger, adalah yang dibutuhkan Arsenal saat menjamu Fulham, Sabtu (18/1). Meski kedua tim dipisahkan jarak yang lebar di papan klasemen, laga derby antarsesama tim London memiliki dimensi tersendiri. Bermain di Emirates tak akan banyak membantu jika pasukan the Gunners tak mampu mengerahkan penampilan terbaik.

Senada dengan Wenger, Wilshere menilai ketenangan sangat dibutuhkan timnya untuk mempertahankan kendali di puncak klasemen. Menurut dia, saat ini Arsenal sudah lebih dewasa dalam berbagai hal. “Beberapa tahun lalu, saya masih bisa merasakan ketegangan di tim ketika menghadapi situasi tertentu. Sekarang, Anda bisa melihat sendiri kami bisa mengatasinya,” ungkap gelandang berusia 22 tahun ini.

Di atas lapangan, kata Wilshere, ketenangan Arsenal bisa dilihat dari cara bertahan. Seluruh pemain the Gunners siap turun ke belakang membantu Per Mertesacker dan Laurent Koscielny di jantung pertahanan. “Ketika bola sampai di daerah pertahanan, kami tetap tenang. Kami tahu bahwa jika kami bisa merebut bola, lawan tak akan membuat gol,” ucapnya.

Di kubu Fulham, pelatih Rene Muelensteen menghadapi dilema dalam menentukan komposisi lini serangnya. Penampilan apik Darren Bent belakangan ini bisa memaksanya mencadangkan striker utama Dimitar Berbatov. Bent menyumbang satu gol saat pasukan the Cottagers membenamkan Norwich City, 3-0, di Piala FA, tengah pekan ini.

Bent berharap ia kembali mendapat kesempatan sebagai starter pada laga di Emirates. Ia optimistis bisa menjaga performa untuk mengantarkan Fulham mencuri poin dari Arsenal. “Selalu sulit melawan tim seperti Arsenal. Tapi, tak ada alasan kami tak mampu mendapatkan sesuatu dari laga itu,” kata dia dalam laman resmi klub. n adi wicaksono ed: endro yuwanto

Lima pertemuan terakhir:

24-04-2013 Liga Primer Fulham 1-3 Arsenal

20-04-2013 Liga Primer Fulham 0-1 Arsenal

10-11-2012 Liga Primer Arsenal 3-3 Fulham

03-01-2012 Liga Primer Fulham 2-1 Arsenal

27-11-2011 Liga Primer Arsenal 1-1 Fulham

Perkiraan formasi:

Arsenal (4-2-3-1)

Pelatih: Arsene Wenger

Kiper: Szczesny

Bek: Sagna - Mertesacker - Koscielny - Gibbs

Tengah: Flamini - Wilshere

Cazorla - Oezil - Podolski

Depan: Giroud

Fulham (4-2-3-1)

Pelatih: Rene Meulensteen

Kiper: Stockdale

Bek: Riether - Senderos - Amorebieta - Riise

Tengah: Parker - Sidwell

Duff - Taarabt - Dempsey

Depan: Berbatov

Angka Jelang Laga:

2 - Darren Bent mencatatkan dua gol dari dua laga terakhirnya sebagai starter. Kedua gol tersebut dicetak Bent pada ajang Piala FA.

8 - Fulham hanya mampu menang delapan kali dari 54 kali pertemuan melawan Arsenal. Dari jumlah itu, Arsenal menang 36 kali.

11 - Arsenal memenangkan 11 dari 13 laga melawan klub dari papan tengah dan bawah sepanjang musim ini.

24 - Rerata usia pemain Arsenal lebih muda dibanding rata-rata usia pemain Fulham (26 tahun).

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement