Rabu 23 Oct 2013 07:30 WIB
Liga Champions

Iblis Merah Menyambung Asa

Robin van Persie
Foto: Antara
Robin van Persie

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United boleh saja mengalami start buruk di kancah domestik, tapi pelatih United, David Moyes, boleh sedikit berbangga dengan penampilan anak-anak asuhnya di kancah Liga Champions musim ini. Belum pernah kalah di putaran Grup A Liga Champions, United berniat memperpanjang asa kala menerima lawatan wakil Spanyol, Real Sociedad, Kamis (23/10) dini hari WIB.

Kemenangan 4-2 atas Bayer Leverkusen di laga pembuka serta raihan satu poin kala ditahan imbang Shakhtar Donetsk mengantarkan United memuncaki klasemen sementara Grup A dengan raihan empat angka. Sementara, Sociedad masih terpuruk di dasar klasemen lantaran tidak pernah bisa menang dalam dua laga awal.

Untuk sang tuan rumah, raihan tiga angka akan semakin memuluskan langkah mereka untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Selain itu, kemenangan juga akan menjadi pengobat luka yang tepat buat para penggawa United usai ditahan imbang Southampton 1-1 pada laga pekan kedelapan Liga Primer Inggris, akhir pekan lalu.

Catatan kemenangan juga sekaligus bakal memperbaiki rekor penampilan United dalam enam laga terakhir juara Liga Primer musim lalu itu. Maklum, dari enam laga di semua kompetisi, Wayne Rooney dan kawan-kawan hanya mampu sekali membukukan kemenangan. “Jika kami mampu menang, kami akan mendapatkan posisi yang kuat di klasemen grup,” kata pelatih United, David Moyes, kepada AFP, seperti dilansir Zeenews, Selasa (22/10).

Meski belum pernah berhadapan dengan tim asal Basque itu, para penggawa United tetap diminta waspada. Alasannya, tekad Xabi Prieto dan kawan-kawan untuk memetik poin perdana mereka di kancah kompetisi tertinggi antarklub Eropa tersebut dapat menjadi motivasi tersendiri buat Sociedad.

Sociedad memang tidak diunggulkan dalam laga ini, tapi tim besutan Jagoba Arrasate itu dapat memanfaatkan keuntungan sejarah tim-tim asal Spanyol jika berlaga di markas United. Maklum, dari enam kali menerima lawatan tim asal Spanyol, United hanya bisa menang sekali. “Datang ke Old Trafford untuk pertama kalinya tentu membuat kami tertantang,” kata pelatih Sociedad, Jagoba Arrasate.

Kemenangan 2-1 atas Valencia pada pekan kesembilan La Liga, akhir pekan lalu, memang seolah menjadi momentum yang tepat buat Sociedad dalam menatap laga ini. Para penggawa Sociedad itu pun akan berupaya mengulangi penampilan apik mereka tersebut di Old Trafford dan mengejutkan tuan rumah. “Kami tidak mau datang ke Old Trafford sebagai turis,” kata penyerang Sociedad, Antoine Griezmann, seperti dikutip Soccerway.

Menjelang pertemuan dengan United, Sociedad juga mendapat suntikan tenaga tambahan. Gelandang andalan mereka, Xabi Prieto, dilaporkan sudah pulih dari cedera paha. Namun, pelatih Arrasate masih belum bisa menurunkan gelandang pinjaman dari Queen Park Rangers, Esteban Granero, lantaran masih mengalami cedera lutut. n c90 ed: andri saubani

Formasi

Manchester United (4-4-2)

Pelatih: David Moyes

De Gea;

Rafael, Vidic, Ferdinand, Evra;

Nani, Carrick, Fellaini, Valencia;

Rooney, Van Persie

Real Sociedad (4-4-1-1)

Pelatih: Jagoba Arrasate

Bravo;

Martinez, Gonzalez, Martinez, De La Bella;

Vela, Bergara, Pardo, Griezmann;

Zurutuza; Agirretxe

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement