Rabu 04 Sep 2013 08:15 WIB
Bursa Transfer Pemain Sepakbola

Marouane Fellaini Jadi Skuat Iblis Merah

Marouane Fellaini dan David Moyes.
Foto: manutd.com
Marouane Fellaini dan David Moyes.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Upaya pelatih Manchester United David Moyes untuk memperkuat lini tengah timnya pada bursa transfer Eropa musim panas kali ini akhirnya membuahkan hasil. United pun harus rela merogoh kocek sedalam 27,5 juta pound (sekitar Rp 489 miliar) demi bisa mendapatkan Marouane Fellaini dari Everton. Jumlah itu 4 juta pound (Rp 71 miliar) lebih banyak dari angka klausa pelepasan Fellaini.

Sepekan jelang penutupan bursa transfer musim panas Eropa kali ini, Manchester United memang terus dikabarkan tengah membidik duo penggawa Everton, Marouane Fellaini dan Leighton Baines. Namun, nama pertama yang akhirnya memastikan hijrah ke Stadion Old Trafford.

United harus menunggu hingga detik-detik terakhir penutupan bursa transfer musim panas Eropa. Seperti dilansir Daily Mirror, Selasa (3/9), United baru mendapat konfirmasi kepindahan gelandang asal Belgia itu pada pukul 10.55 waktu setempat. Padahal, batas akhir bursa transfer jatuh pada pukul 11.00 waktu setempat. United bahkan baru mengumumkan secara resmi pembelian Fellaini, pada pukul 11.58 waktu setempat.

Diawali dengan pengajuan transfer yang dilakukan Fellaini secara resmi kepada Everton, United akhirnya melanjutkan negosiasi dengan the Toffees, setelah dua kali penawaran United ditolak oleh tim asal Liverpool tersebut. Meski akhirnya United membayar lebih tinggi dibanding dengan nilai klausa pelepasan Fellaini, Moyes bisa kembali bekerja sama dengan gelandang berambut kribo tersebut.

Kedatangan mantan gelandang Standard Liege itu diproyeksikan sebagai pengganti peran Paul Scholes yang memutuskan pensiun pada akhir musim lalu. Selain itu, gelandang yang tampil di 177 laga selama enam musim membela Everton itu juga bakal menjadi andalan di lini tengah United, mengingat belum pulihnya Darren Fletcher dari cedera. “Dia bisa bermain di mana saja di lini tengah. Memang, di sektor itu kami kekurangan pemain,” kata Moyes, seperti dikutip BBC, Selasa (3/9).

Fellaini pun menyambut baik kesempatan keduanya bekerja sama dengan Moyes. Menurut gelandang berusia 25 tahun itu, dirinya langsung mengiyakan saat tahu Moyes mengingingkan dirinya di United. “Sudah hampir lima tahun saya mengenal Moyes dan saya benar-benar menghormatinya,” kata Fellaini.

Namun, Moyes mesti berhati-hati dengan kondisi Fellaini. Gelandang keturunan Maroko itu begitu rentan dengan cedera engkel. Pada awal Februari 2010, Fellaini mengalami cedera engkel dan mesti beristirahat selama sisa musim 2010/2011. Namun, pada musim 2011/2012, Fellaini mampu tampil impresif dan Everton pun sempat menawari perpanjangan kontrak kepada pemain bertinggi badan 1,92 meter tersebut. n c90 ed: andri saubani

MAROUANE FELLAINI

Lahir: Etterbeek, Belgia, 22 November 1987 (25 tahun)

Tinggi/Berat: 193 cm, 84 kg

Posisi: Gelandang

Statistik di Everton

Liga FA Piala Liga Lainnya

Tampil Gol Tampil Gol Tampil Gol Tampil Gol

141 25 19 4 10 3 7 1

Sumber: Soccer Base

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement