Jumat 05 Jul 2013 08:14 WIB
Piala Dunia U-20 2013

Kejutan Timnas Junior Irak Terus Berlanjut

Timnas Irak
Foto: www.timesofummah.com
Timnas Irak

REPUBLIKA.CO.ID, ANTALYA - Piala Dunia U-20 di Turki terus menyajikan kejutan. Digadang-gadang bakal tersingkir pada babak awal, Irak justru terus melaju hingga babak perempat final. Gol semata wayang Farhan Sakhor mengantarkan the Young Lions of Mesopotamia ke fase delapan besar untuk pertama kalinya sejak 24 tahun silam.

Laga yang berlangsung di Stadion Akdeniz University itu sendiri berlangsung ketat. Baik Irak maupun Paraguay, terus saling serang, bahkan mampu mengancam dengan mencatat lebih dari 18 kali tembakan ke gawang. Namun, penampilan cemerlang penjaga gawang kedua tim membuat laga berakhir tanpa gol hingga waktu normal.

Sepanjang laga, kiper Uruguay, Diego Morel, tampak jatuh bangun saat menerima gempuran Irak yang dimotori oleh Mohanad Abdulraheem. Pun dengan aksi dari kiper Irak U-20, Mohammed Hameed. Berkali-kali Hameed menggagalkan segenap peluang Paraguay. Akhirnya, laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Mimpi Irak untuk melangkah ke babak perempat final akhirnya terwujud pada menit ke-94. Pemain pengganti, Farhan Shakor, mampu merobek gawang Paraguay. Shakor yang masuk menggantikan Mohammed Jabbar Shwkan itu mampu menyundul bola hasil umpan dari Ali Adnan. “Kami benar-benar tidak menduga kekalahan ini,” kata pelatih Paraguay, Victor Genes, mengomentari kekalahan timnya dari Irak, seperti dikutip laman resmi Piala U-20 2013, Kamis (4/7).

Pelatih Irak, Hakeem Shaker, menyebut kemenangan ini tidak terlepas dari kesabaran dan keuletan yang ditunjukkan para pemainnya. Tidak hanya itu, laga itu pun juga menjadi sarana yang tepat untuk menguji coba seberapa kuat pertahanan yang digalang oleh para penggawa the Young Lions of Mesopotamia. “Hari ini, kami telah membuat sejarah baru di Piala Dunia U-20,” jelas Shakir.

Pada babak perempat final, Irak akan ditantang wakil Asia lainnya, Korea Selatan. Melajunya the Taegeuk Warriors ke fase perempat final juga di luar prediksi banyak kalangan. Maklum, lawan Korea Selatan pada babak 16 besar adalah juara terkini Piala Amerika Selatan U-20, Kolombia.

Perlawanan sengit dan tak kenal menyerah ditunjukkan oleh tim besutan Lee Kwang-jong tersebut. Korea Selatan bahkan mampu unggul lebih dulu pada menit ke-16 lewat torehan Song Joo-hoon meski Kolombia mampu memaksakan laga dilanjutkan ke babak tambahan seusai Juan Quintero sukses menyamakan kedudukan pada masa injury time babak kedua.

Korea Selatan memastikan satu tempat pada fase perempat final seusai menundukkan lewat babak adu penalti yang menegangkan. Dari sembilan kali eksekusi penalti, para penggawa tim Taegeuk Warriors mampu menceploskan delapan gol. Korea Selatan mampu menang 8-7 dalam laga yang digelar di Stadion Hüseyin Avni Aker tersebut. n c90 ed: andri saubani

Irak 1 - 0 Paraguay

Frahan Shakor, 94'

Statistik Laga

Irak Paraguay

19 (7) Tembakan (ke gawang) 13 (5)

13 Pelanggaran 10

6 Sepak pojok 12

1 Offside 2

61% Penguasaan bola 39%

2 Kartu kuning 3

0 Kartu merah 1

5 Penyelamatan 6

Sumber: ESPN/Soccerway

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement