Kamis 04 Jul 2013 01:30 WIB
Sambut Ramadhan

Aktivitas Juli Penghangat Ramadhan

Di Masjid Cut Meutia
Foto: KHI
Di Masjid Cut Meutia

REPUBLIKA.CO.ID, Juli menjelang. Bukan Jakarta jika tidak ada acara yang bisa dikunjungi di setiap akhir pekan. Bulan Ramadhan yang jatuh pada bulan ini pun menambah semarak ragam kegiatan hingga lebih berwarna. Pekan pertama Juli, masyarakat Jakarta akan disuguhi sebuah event skala internasional. Popular Culture Convention Asia 2013, atau lebih dikenal dengan nama Popcon Asia 2013, kembali hadir di Assembly Halls Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Selatan, 5 - 7 Juli 2013.

Popcon Asia 2013 yang diselenggarakan oleh KCB Convex kembali menghadirkan kemeriahan serupa seperti tahun-tahun sebelumnya. Helatan ini merupakan perayaan kreativitas dan produktivitas anak muda yang dihadirkan dalam bentuk budaya popular, seperti komik, animasi, urban toys, dan film. Pada tahun keduanya ini, Popcon Asia mendatangkan Super Popstar dari berbagai negara untuk berbagi kisah sukses, pengalaman yang dapat menginspirasi anak muda Indonesia di Masterclass. Popcon Asia 2013 mengangkat tema “Cross-Dicipline Success Story”.

Dengan ini, masyarakat akan disuguhkan beragam dan banyak sekali kolaborasi kreatif antara para kreator dalam dan luar negeri dari berbagai bidang hiburan. Di lahan expo lebih dari 2.000 meter persegi dan 120 stan, pengunjung bisa menikmati berbagai produk unik yang dijual langsung oleh kreatornya. Bahkan, banyak karya-karya eksklusif dan produk-produk collectible yang diperjualkan hanya dapat ditemukan di Popcon.

Popcon Asia 2013 akan menghadirkan Kim Jung Gi yang merupakan Pop Star ilustrasi dari Korea, Clog Two yang merupakan Popstar toys designer dari Singapura, Imaginary Friends Studio yang merupakan Popstar applied art dari Singapura. Selain itu, seorang sutradara film animasi Richard Danto juga akan turut memeriahkan acara ini, ditemani oleh Mathieu Bourgain dan Simon Eyraud dari Ankama Studio Prancis.

Selain dari mancanegara, komunitas anak muda kreatif dalam negeri juga akan turut memeriahkan. Turut serta komikus senior Indonesia yang sudah berkarya sejak tahun 1970-an, seperti Hasmi sang pencipta tokoh Gundala sang putra petir. Lalu, Kusbram pencipta Labah-Labah Merah dan Gerdi pencipta Gina. Popcon Asia akan ditutup dengan Popcon Auction, lelang karya karya original dari para seniman senior, produk-produk yang layak koleksi dan tentunya hasil dari live drawing show Kim Jung Gi.

Selanjutnya, sebuah acara musik yang digandrungi masyarakat Jakarta akan hadir di pekan ketiga Juli. Masjid Cut Meutia di Menteng, Jakarta Pusat, menggelar Ramadhan Jazz Festival 2013. Festival musik jazz untuk menghangatkan suasana Ramadhan ini akan menghibur setelah ibadah shalat tarawih pada 19-20 Juli 2013. Siapa pun, sehabis shalat tarawih bisa menikmatinya karena terbuka untuk umum serta tidak dipungut biaya.

Sejumlah musisi jazz kondang yang sudah tidak asing lagi insya Allah akan tampil menyemarakkan syiar Islam pada bulan suci ini, antara lain, Idang Rasjidi, Dwiki Dharmawan, juga Sastrani Dewantara. Tak ketinggalan ada tamu internasional pula.

 

Ramadhan Jazz Festival ini merupakan kali ketiga diselenggarakan setelah pada tahun-tahun sebelumnya mendapat antusiasme yang menggembirakan. Saat itu, setiap band yang tampil membawakan sebuah lagu bertema religi yang dibalut musik bernuansa jazz. Sehingga diharapkan, tahun ini pun dapat menjadi inspirasi bagi mereka yang menonton.

Bagi anda yang ingin berburu produk untuk persiapan hari raya pun akan banyak bazar yang di gelar. Seperti, “Mahakarya Anak Bangsa Exhibition” yang menghadirkan produk dalam negeri dalam The Indie Label Series pada 4-7 Juli 2013 dan  Art 'n Handicraft pada 25-28 Juli 2013 di FX Lifestyle X'nter Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat.

Selain itu ada “A Trendsetter Bazaar” pada 9-12 Juli 2013 di Menara Jamsostek Lobby Utama Utara. Tak ketinggalan Bazaar and Garage Sale, Ramadhan Market #3 pada 20 Juli 2013 pukul 10.00 hingga 19.00 WIB di Jalan Taman Radio Dalam VI Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Bazar ini akan menyuguhkan beragam kerajinan tangan, barang vintage, furnitur, spa, lukisan, tas, sepatu, busana, dan lain sebagainya.

Pada akhir bulan Juli, pada 31 Juli 2013 hingga 2 Agustus 2013, akan diselenggarakan Mega Bazar Ramadhan 2013 bertempat di The Atrium, Main Lobby Sampoerna Strategic Square, Jakarta Selatan. Catat agenda-agendanya dan manfaatkan waktu kita agar Ramadhan ini tak berlangsung biasa-biasa saja. n 70 ed: rahmad budi harto

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement