REPUBLIKA ONLINE
MAHAKA GROUP
Senin, 20 Oktober 2014
26 Zulhijjah 1435
Republika.co.id
RepublikaOnline
@republikaonline
Women OPTIMIZer, Didik Wanita Makin Kreatif dan Mandiri
Rabu, 12 Juni 2013, 08:07 WIB

REPUBLIKA.CO., Setiap perempuan memiliki potensi yang luar biasa yang bisa ditingkatkan kemampuan kreativitas dan mandiri. Ini yang dilakukan Komunitas Women OPTIMIZer dalam mengoptimalkan dirinya, baik sebagai ibu rumah tangga (IRT), pebisnis, maupun mahasiswa/pelajar.

Pendiri Women OPTIMIZer, Ali Akbar, atau biasa disebut Pakar SEO dengan akun Twitter @pakarseo, mengatakan Women OPTIMIZer adalah komunitas wanita dari seluruh Indonesia yang mempelajari ilmu OPTIMASI dan menjadikan wanita kreatif dan mandiri.

Ide brilian ini muncul ketika Ali Akbar terkulai lemas dan lemah di tempat tidur karena sakit yang menyerang. Dia menyaksikan betapa repot istrinya, Nurul Vitasari, menjalani kegiatan sebagai IRT. Mulai dari memandikan ketiga anak mereka, Assyifa AKBAR, Alifan AKBAR dan Zhafira AKBAR, sampai menyiapkan obat-obatan Ali Akbar agar segera sembuh.

"Phuuiiffff... Lihat dia bolak-balik kayaknya puyeng bin pusing. Dari situlah awal pemikiran bikin Women OPTIMIZer. Saya, masih hidup (hanya terkulai lemah) melihat istri sesibuk itu udah kasihan atas 'keletihannya','' ujar Ali kepada Republika.

Dari ketidakberdayaan itulah Ali berpikir betapa kuatnya seorang wanita. Dengan kejadian tersebut dia lantas mendedikasikan sebuah web komunitas khusus istri dan seluruh wanita Indonesia. WO kemudian didirikan pada 15 Maret 2013.

Menurut dia, ada hal-hal yang bisa dioptimalkan oleh setiap orang, yaitu informasi, posisi, prestasi, komisi, dan komunikasi. Dengan mengoptimalkan lima hal ini, tujuan bisa tercapai. Bila kemampuan ini dilakukan oleh seorang wanita, maka hasilnya sangat dahsyat.

Ilmu optimasi ini dimanfaatkan untuk mengoptimalkan potensi yang ada di dalam diri seseorang dan di sekelilingnya, khususnya wanita. Dengan ilmu ini, wanita bisa memanfaatkan perannya, baik sebagai ibu rumah tangga, pebisnis, mahasiswi, pelajar perempuan, atau apa pun yang diinginkan. Nah, orang yang belajar ilmu optimasi disebut 'optimizer', wanita yang mempelajari ilmu optimasi disebut dengan 'women optimizer'.

Ternyata, pertimbangan Ali Akbar benar. Meski masih seumur jagung, komunitas yang dibentuk pada 15 Maret 2013 ini sudah direspons begitu banyak perempuan dari seluruh Indonesia. Istrinya, Nurul Vita, bertanggung jawab memantau aktivitas WO dan sering terlibat langsung saat di lapangan.

Salah satu kegiatan WO adalah menggelar kopi darat (kopdar) pertama pada 14 April lalu di salah satu hotel di Jakarta. Peserta datang dari Bogor, Bandung, hingga Medan. Kopdar terdekat akan digelar di Makassar, Surabaya dan Denpasar. Mereka juga terlibat dalam kegiatan Karnaval Komunitas di Jakarta pada akhir April lalu, ikut event Morning Fiesta, dan terlibat dalam Family Environmental Edutainment.

Dalam aktivitas komunikasinya, mereka menggunakan Ning, yang merupakan engine web komunitas. Ali Akbar menjelaskan, penggunaan Ning di Indonesia belum banyak dan belum optimal. "Seharusnya seorang expert sudah mempunyai web komunitas, minimal dengan engine web Ning," jelasnya.

Hanya dalam hitungan 1,5 bulan, prestasi Women OPTIMIZer sangat banyak. Di antaranya, memiliki 14 cabang WO lokal di 14 Kota dan memiliki 656 anggota aktif dalam dua bulan. Anggota secara keseluruhan kini mencapai 2.000-an wanita.

Kemudian, aktivasi web WO sangat banyak dan beragam. Ini buktinya: sebanyak 2.500-an pos dalam dua bulan, sebanyak 500-700 viewer (pengunjung) per hari, dan 100 wanita (anggota) telah memiliki website hanya dalam dua bulan.

Anggota WO terdiri dari berbagai kalangan dan umur. WO rutin berkegiatan setiap Selasa pekan pertama dan pekan ketiga setiap bulan. Dalam kesempatan itu, mayoritas anggota WO saling berbagi pengalaman membesarkan bisnisnya masing-masing, sekaligus mengembangkan bisnis dari website komunitas WO.

Menurut Ali, dengan kemampuan tersebut, perempuan tetap bisa menjadi IRT dan order bisnis tetap berjalan. Istriyang tiba-tiba ditinggal suami pun bisa mandiri karena sudah ada pendapatan tetap dan kontinu.
Di website tersebut, anggota bisa melihat anggota lainnya yang sudah teroptimasi alias sudah menjadi mentor. Data mentor pun bisa dilihat secara detail. Mentor memiliki tanggung jawab terhadap sejumlah anggota komunitas agar semakin kreatif dan berkembang.

Apa sih keunikan saat WO berdiri hingga kini? Ali mengatakan, ada anggota yang datang dari Medan untuk mengikuti kopi darat di Jakarta bersama bayinya yang baru berusia dua bulan. "Member paling muda berusia dua bulan dan member paling tua berusia 75 tahun, yakni Ibu Ekawati," urainya. Saat ditanya tentang badan hukum, Ali Akbar menjabarkan, WO akan bergerak di lima bidang usaha: sumber daya aset, sumber daya inovasi, sumber daya uang, sumber daya edukasi, dan sumber daya orang.

Harapan Women OPTIMIZer:

1. Mengajarkan wanita tentang @IlmuOPTIMASI.
2. Mengembangkan keterampilan wanita di internet.
3. Memberdayakan wanita terhadap informasi.
4. Menciptakan solidaritas wanita dan lingkungan.
5. Mempererat persaudaraan antarwanita di indonesia.

Menjadi anggota WO:
Kontak di email : Info@WomenOPTIMIZer.com

ed: zaky al hamzah

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.