Jumat 11 Nov 2016 18:00 WIB

Gangguan Kesehatan Gigi Picu Masalah Pernapasan

Red:

Kesehatan gigi berdampak langsung dan tidak langsung pada kesehatan organ-organ lainnya di dalam tubuh. Ada gangguan pada gigi dan mulut bisa memicu masalah di bagian yang lain, terutama pencernaan, jantung, dan pernapasan.

Bagaimana bisa terjadi? Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI) Jawa Timur Dr drg Sindy C Nelwan SpKGA (K) menyatakan hal itu bisa terjadi. Dia menjelaskan, masalah gigi sangat erat dengan berbagai penyakit lain yang jarang disadari oleh masyarakat.

Dicontohkannya, karang gigi dapat membuat gusi memerah dan mudah berdarah. Selain itu, karang gigi yang tidak ditangani dengan baik juga dapat memicu munculnya alergi dalam saluran pernapasan, yaitu asma.

Karang gigi terbentuk awalnya dari tumpukan sisa makanan yang menimbun di sela-sela gigi yang membentuk plak pada gigi. Jika plak tersebut tidak dibersihkan dan bertemu dengan air liur ber-pH basa, akan membentuk lapisan kapur dan terjadilah karang gigi.

"Kalau ludahnya itu asam, plak tersebut cenderung jadi karies. Tapi kalau ludahnya basa, dia cenderung jadi karang gigi," ujar Sindy, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut penelitian, karang gigi yang tidak diatasi berpotensi memicu alergi pernapasan atau asma. Ini terjadi, karena karang gigi menjadi tempat yang subur bagi pertumbuhan beberapa kuman penyebab alergi di dalam mulut. Saat kuman pada karang gigi ini lepas atau mati, dikeluarkanlah racun dari kuman tersebut, yaitu lipopolysaccharide. Racun inilah yang dapat memicu alergi atau asma.

Masih dari penelitian, alergi yang dipicu kuman ini tidak bersifat permanen. Gejala-gejala asmanya dapat berkurang dan hilang dengan membersihkan gigi dan karang gigi secara berkala.

Idealnya, kata Sindy, proses pembersihan gigi, khususnya karang gigi dilakukan rutin enam bulan sekali di dokter gigi. Di samping itu, pembersihan gigi harian juga harus dilakukan minimal dua kali sehari agar tidak terjadi plak yang bisa membentuk karang gigi. "Banyak penelitian menceritakan, kalau karang gigi itu dibersihkan, alerginya juga hilang," kata dia.  rep: Adysha Citra Ramadani, ed: Dewi Mardiani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement