Kamis 22 Sep 2016 18:00 WIB

Bahan Alami Pencegah Penuaan Kulit

Red:

Pencegahan penuaan kulit bisa dilakukan sedini mungkin, tanpa harus melihat gejala-gejalanya muncul terlebih dahulu. Menurut Kepala Departemen Kulit dan Kelamin RSPAD Gatot Soebroto dr Abraham Arimuko SpKK, jenis bahan alami sering digunakan untuk bahan pelembap demi mencegah penuaan pada kulit, khususnya bagi mereka yang sudah memasuki usia pertengahan 20 tahunan.

Zat asam hialuronat adalah bahan alami yang aman untuk melembapkan kulit. Menurutnya, asam tersebut bukanlah obat. "Asam hialuronat aman untuk bahan pelembap dan segala macam yang mengandung bermacam-macam, termasuk hialuronat merupakan bahan alamiah," kata dia di Jakarta, belum lama ini.

Ia mengatakan, kulit dengan jenis kering mudah mengalami penuaan, walaupun usianya masih muda. Kulit akan terasa kering, bersisik, bahkan muncul keriput-keriput halus, kerutan, bahkan sampai kulit kendor. Untuk itu, perawatan sedini mungkin dapat dilakukan untuk memperlambat penuaan.

Bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, lanjutnya, akan mengalami penuaan lebih lambat dibandingkan dengan yang memiliki jenis kulit kering. Tetapi, kulit berminyak juga harus menggunakan perawatan, seperti pelembap. "Sebab, kulit berminyak juga berurusan dengan air dan kulit bisa kekurangan air. Jadi, harus dikasih pelembap khusus kulit berminyak."

Asam hialuronat merupakan zat yang terdapat dalam seluruh jaringan tubuh manusia dan berfungsi mengikat air. Tetapi, produksinya akan berkurang seiring bertambahnya usia.

Kandungan asam ini menjadi bahan penting dalam produk antipenuaan. Hasil aplikasi asam hialuronat adalah sebagai jaringan pengisi lunak untuk mengatasi lipatan dan kerutan di wajah. Zat ini memiliki efek hidrofilik yang menarik air. Apabila zat ini masih tersedia dalam jumlah banyak, kulit akan seperti bayi ataupun remaja.

Pemilihan produk perawatan kulit perlu menjadi perhatian. Menurut Abraham, pilih produk yang mengandung asam hialuronat yang baik dan terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).    rep: Rossi Handayani, ed: Dewi Mardiani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement