Jumat 09 Oct 2015 15:00 WIB

Gadget Versus Interaksi Sosial

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID,Gadget Versus Interaksi Sosial


Kehadiran teknologi yang semakin modern memiliki banyak manfaat. Selain dapat mendekatkan yang jauh, kehadiran gadget juga dapat mengefisiensikan waktu. Misalnya, pada orang yang tidak sempat bertatap muka dengan orang lain karena berhalangan hadir akibat kesibukan sehari-hari. Maka, untuk mengatasinya, teknologi video call sangat membantu.

Namun, menurut psikolog Dra Kasandra Putranto, walau banyak memberikan dampak positif, kehadiran gadget tersebut juga memiliki dampak negatif lainnya. Ditambah lagi dengan kehadiran beragam media sosial. Hal ini membuat banyak orang lebih nyaman berinteraksi lewat gadget ketimbang bertatap muka secara langsung.

"Kehadiran gadget membuat orang sering lupa dengan manfaat dari berinteraksi sosial secara langsung. Seperti, melalui sebuah dekapan, kehangatan, dan cinta yang tidak dapat disampaikan dengan sejuta pesan apa pun. Sayangnya, budaya interaksi sosial secara langsung ini pun kian menurun," ungkap Kasandra.

Hal ini, lanjutnya, terlihat dari lebih mudahnya mengirimkan pesan kepada orang terdekat yang sedang sakit via Facebook, Twitter, atau pesan singkat, bukannya datang langsung untuk menjenguk orang terdekat yang sedang sakit. Kondisi ini memprihatinkan dan patut untuk diperhatikan.

"Obat memang bisa menyembuhkan, tapi dekapan kehangatan melalui interaksi sosial juga sangat penting. Dampak terparah yang ditimbulkan dari kurangnya interaksi sosial adalah dapat menyebabkan konflik dengan orang-orang terdekat. Akibatnya, kita bisa menjadi stres sendiri dengan keadaan tersebut," ucap Kasandra. 

Selain bermanfaat bagi orang yang sakit, lanjut Kasandra, berinteraksi secara langsung, termasuk dengan orang yang sakit dan yang bugar, dapat mempererat hubungan sosial. Sehingga, kehangatan dalam bersosialisasi dengan orang lain tetap terjaga dan hal tersebut sehat, baik secara fisik maupun psikis. n c04 ed: dewi mardiani 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement