Senin 03 Aug 2015 18:00 WIB

Kasus Gizi Buruk Meningkat

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID,Kasus Gizi Buruk Meningkat


Jumlah penderita gizi buruk di Ternate, Maluku Utara (Malut), terus ber tambah. Sejauh ini tercatat sudah ada 49 anak balita mengalami gizi b u ruk.

“Memang, terdapat peningkatan jum lah penderita gizi buruk. Tapi, Dinas Kesehatan akan intensif me lakukan evaluasi. Karena, ber dasarkan hasil survei, saat ini terdapat 49 anak di bawah lima tahun mengalami gizi buruk,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate Nurbaity Radjabessy, di Ternate.

Petugas kesehatan dibantu ma syarakat setempat telah mengintensifkan pemeriksaan di sejumlah ke lurahan yang terdeteksi ada penderita gizi buruk. “Biasanya gizi buruk terdapat pada anak balita yang saat dilahirkan kurang diberikan air susu ibu (ASI) dan makanan yang bergizi,” ujarnya.

Ia mengakui laporan tentang pen derita gizi buruk belum secara menyeluruh diterima Dinkes. Penderita datang dari luar daerah Kota Ternate, namun pihaknya tetap memberikan pelayanan secara baik. Sejauh ini, Dinkes bukan sekadar melayani pasien gizi buruk dalam bentuk fisik, tetapi juga memberikan makanan bergizi.

Nurbaity mengatakan, ada kelurahan yang terdapat anak dengan gizi buruk sebanyak 3-4 balita, dan paling banyak berada di wilayah Kelurahan Kalumata. “Cara paling baik adalah memberi penderita makanan bergizi dan teratur, dan untuk keluarga tidak mampu diberikan bantuan,” katanya. ¦ antara ed:khoirul azwar 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement