Rabu 29 Jul 2015 20:07 WIB

Gejala Keputihan Abnormal

Red:

Assalamualaikum dokter, saya sering menga lami keputihan, rasanya gatal dan sangat mengganggu, terutama seminggu belakangan ini keputihan menjadi agak berbau dan berwarna ke hi jauan, buang air kecil juga terasa nyeri. Penyebabnya karena apa, dan apakah berbahaya? Terima kasih.

(Tyas – Solo)

Waalaikumsalam Wr. Wb.

 Ibu Tyas di Solo, keputihan atau fluor albus di be dakan menjadi keputihan yang normal (fisiologis) dan abnormal (patologis). Keputihan yang normal ciri-cirinya, antara lain warnanya bening, kadang-kadang putih kental,tidak berbau, dan tanpa disertai keluhan (misalnya gatal, nyeri, rasa terbakar, dsb), dapat keluar pada saat menjelang dan sesudah menstruasi atau pada saat stres dan kelelahan.

Sedangkan keputihan dikatakan abnormal bi la jumlahnya banyak, timbul terus-menerus, warnanya berubah (misalnya kuning, hijau, abuabu, menyerupai susu/yoghurt) disertai adanya keluhan (seperti gatal, panas, nyeri), serta berbau (apek, amis, dsb).

Jika melihat dari keluhan Ibu, berarti Ibu sedang mengalami keputihan abnormal yang dise babkan oleh infeksi. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa ga tal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Yang sering menimbulkan keputihan ini, antara lain bakteri, virus, jamur, atau juga parasit.

Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menim bulkan rasa pedih saat buang air kecil. Keputihan jenis ini jika dibiarkan tanpa pengobatan akan berkembang semakin hebat. Jika dibiarkan dapat menjalar terus ke organ reproduksi.

Saya sarankan Ibu untuk segera berkon sultasi dengan dokter. Jika Ibu sudah menikah, jangan lupa untuk mengajak serta suami saat berkonsultasi dengan dokter. Pada wanita yang belum pernah menikah, belum pernah berhu bungan seks, obat keputihan hanya dalam bentuk obat minum saja. Sedangkan untuk wanita yang sudah menikah, selain obat minum, bisa juga diberikan obat yang dimasukan ke liang vagina (vaginal suppositoria). Selain itu, ibu juga harus selalu menjaga kebersihan vagina, setelah buang air kecil atau buang air besar harus selalu dibersihkan dan dikeringkan agar tidak lembap. Demikian semoga bermanfaat. Wassalamualaikum Wr. Wb. ??

Tim Dokter Umum RS PKU Muhammadiyah Surakarta

Diasuh oleh Tim Dokter RS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Jalan Ronggowarsito No. 130 Surakarta, 57131 Telepon 0271-714578 Fax 0271-719745

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement