Selasa 30 Jun 2015 14:00 WIB

Survivor, Jebakan untuk Pemburu Teroris

Red:

Isu terorisme rupanya masih menjadi tema yang menarik bagi sineas Hollywood. Yang terbaru, ada film bergenre aksi berjudul Survivor. Film yang disutradarai James Mcteigue ini juga ada nuansa thriller di dalamnya.

Survivor berkisah tentang Kate Abbott (Milla Jovovich), perempuan yang bekerja sebagai salah satu pegawai Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS). Suatu ketika, Abbott mendapatkan tugas baru. Ia dikirim ke Kedutaan Besar Amerika di London, Inggris.

Sebagai abdi negara, Abbott menjalankan setiap misi dengan sepenuh hati. Abbott punya pengalaman yang panjang di dunia antiterorisme. Meski perempuan, ia tergolong berani memerangi teroris.

Terlalu fokus terhadap pekerjaannya, Abbott menjadi tidak waspada terhadap diri sendiri. Ada pihak yang menjebaknya dengan sebuah tuduhan serius. Abbott yang pembasmi teroris dituding sebagai dalang kasus kejahatan yang tak pernah dilakukannya.

Abbott segera beraksi. Ia mencari tahu otak di balik jebakan keji tersebut. Di sisi lain, ia tetap berkomitmen untuk menjalankan tugasnya memberantas terorisme. Salah satu misi besar Abbott ialah menghentikan ancaman teror bom pada perayaan malam tahun baru di Times Square, New York.

Abbott mulai bekerja di pemerintahan setelah sebagian besar teman-temannya tewas dalam tragedi 9 September (9/11). Pada saat negara menerapkan aplikasi visa yang lebih ketat dibanding sebelumnya untuk meminimalisasi penyusupan teroris, sebagian besar tim Abbott justru tewas ketika menghadiri acara ulang tahun atasan mereka, Bill Talbot (Robert Forster). Abbott selamat dari serangan bom karena telah lebih dulu meninggalkan lokasi.

Proses penyelidikan mengungkapkan bom yang digunakan pada penyerangan tersebut mengandung kromium. Salah satu rekan Abbott, Sam Parker (Dylan McDermott), menyimpulkan pelakunya adalah Nash 'The Watchmaker' (Pierce Brosnan), salah satu buronan pembunuh yang paling dicari di seluruh dunia. Kecurigaannya bermula ketika seorang ilmuwan Rumania (Roger Rees) yang piawai dalam urusan gas datang ke AS hanya untuk menghadiri sebuah konferensi.

Alasan ketibaan ilmuwan Rumania tersebut tentu saja tak ditelan mentah-mentah oleh Abbott dan rekannya. Mereka yakin ilmuwan itu punya memiliki banyak rencana jahat, salah satunya bekerja sama dengan Nash 'The Watchmaker' yang terkenal dengan keahliannya meledakkan bom. The Watchmaker sebelumnya pernah membuat goncang Paris, Prancis, dengan bomnya.

Sebelumnya, tanpa diketahui Abbott, Talbot meloloskan permohonan visa untuk The Watchmaker. Abbott menemukan sebuah kejanggalan dokumen yang mengindikasikan seorang teroris masuk dengan begitu mudah. Ia menduga ada orang dalam yang membantunya.

Merasa terancam dengan aksi anak buahnya, Talbot menyewa The Watchmaker untuk segera melenyapkan Abbott. Namun, serangan yang dilancarkan tak membuat Abbott tewas. Sebagai gantinya, ia justru dijebak dan menjadi buronan pemerintah.

Parahnya, teroris yang seharusnya bertanggung jawab atas pengeboman tersebut juga mengejarnya. Selain memburu Abbott, The Watchmaker juga terus membombardir AS dengan ancaman bom. Usaha Abbott mengungkap rencana peledakan di Times Square, New York City, memaksanya menyelinap kembali ke kedutaan guna membuat paspor palsu untuk dirinya sendiri. Nahas, ia malah dituding menjadi tersangka atas serangan tersebut. Mampukah Kate membuktikan dirinya tidak bersalah?

Ketika melihat poster film bergambar Pierce Brosnan, yang terbayang adalah film aksi yang menarik, seru, dan menegangkan. Apalagi, di film Survivor ini, Brosnan yang biasanya menjadi tokoh protagonis menjelma menjadi sosok antagonis. Jovovich yang menjadi lawan main Pierce diharapkan bisa menyedot perhatian penonton hingga akhir film. Sayangnya, cerita utama dan adegan film bukanlah sesuatu hal yang baru.

Tokoh protagonis yang justru dituduh sebagai teroris mengingatkan penonton pada film Flightplan yang dibintangi Jodie Foster. Sosok protagonis menjadi target pembunuhan dan mencoba bertahan hidup bukanlah tema baru. Dilihat dari predikat The Watchmaker yang disebut-sebut sebagai pembunuh superprofesional, tampaknya seharusnya mustahil bagi Abbott lolos berkali-kali dari serangan.

Akting Jovovich pun di film ini masih lekat dengan perannya sebagai pemburu zombie di Resident Evil. Akan tetapi, adegan aksi dan pertarungan Hollywood jarang sekali mengecewakan. Survivor sudah tayang di bioskop Tanah Air sejak beberapa waktu lalu. ed: reiny dwinanda

***

Survivor

-Genre: Aksi, thriller

-Produksi: Millennium Films

-Sutradara: James Mcteigue

-Produser : Charles Winkler, Les Weldon, Irwin Winkler, Matt O’toole

-Penulis naskah: Philip Shelby

-Durasi: 96 menit

-Rating: Dewasa

-Pemain : Milla Jovovich, Pierce Brosnan, Dylan Mcdermott, Angela Bassett, Robert Forster, James D’arcy, Frances De La Tour.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement