Selasa 30 Jun 2015 14:00 WIB

hot spot- Charles Darwin, Disney Tertarik Memfilmkannya

Red:

Disney tertarik memfilmkan kisah tentang seorang naturalis Inggris yang terkenal dengan teori revolusinya, Charles Darwin. The Guardian memberitakan film ini akan menggambarkan petualangan sang ilmuwan genius selama melakukan pelayaran dan investigasi sains. Darwin melakukan perjalanan lautnya ke seluruh dunia selama lima tahun di atas kapal HMS Beagle.

Tulisan-tulisan Darwin yang memukau membuatnya menjadi seorang geologis dan penulis terkenal. Pengamatan biologisnya membawa Darwin pada kajian tentang transmutasi spesies. Ia pun mengembangkan teorinya tentang seleksi alam pada 1838.

Sadar sepenuhnya bahwa orang-orang yang mengemukakan gagasan yang dianggap sesat seperti itu akan mengalami hukuman hebat, Darwin hanya menyampaikan penelitiannya kepada teman-teman terdekatnya. Namun, ia meneruskan penelitiannya dengan menyadari akan munculnya berbagai keberatan terhadap hasilnya. Pria berkebangsaan Inggris ini akhirnya menerbitkan buku The Origin of Species pada 1859.

Darwin memiliki pandangan tersendiri tentang teori evolusi. Teori evolusi Darwin cukup mengundang kontroversi. Pasalnya, ia menyebutkan bahwa spesies yang hidup saat ini berhubungan dengan spesies yang hidup pada masa lampau.

Disney telah menunjuk Stephen Gaghan sebagai sutradara film. Sebelumnya, Gaghan terkenal lewat pekerjaannya sebagai penulis naskah film-film besar, di antaranya, Traffic (2000) dan Syriana (2005). Sebelum Gaghan, sudah pernah ada beberapa film yang juga bercerita tentang Darwin. Di antaranya, Jeremy Thomas yang memproduksi film berjudul Creation (2009) yang dibintangi pasangan Jennifer Connelly dan Paul Bettany. Ada pula The Darwin Adventure (1972), The Voyage That Shook the World (2009), Darwin’s Darkest Hour(2009), dan Curious Soul (2012). Hingga kini, pihak Disney menyatakan proyek film tersebut masih belum matang. Gaghan pun masih sibuk menggarap proyek drama berjudul Gold yang dibintangi Matthew McConaughey. n qommarria rostanti ed: reiny dwinanda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement