Selasa 30 Dec 2014 17:00 WIB

kuliner- Membuat Cake tanpa Oven

Red:

Banyak orang mengira membuat cake itu sulit. Selain resepnya yang beragam, kemahiran yang minim untuk mengolah bahan juga menjadi penghambat orang berkreasi di dapurnya. Ketiadaan oven pun kerap membuat mereka semakin tak berdaya.

Kabar baiknya, tidak setiap cake harus dipanggang. Masih ada yang bisa dikukus. Malah, ada pula yang tak perlu dioven ataupun dikukus. No bake cake, itulah sebutannya. "Biasanya yang dibuat dengan teknik ini adalah kue-kue modern," ujar Ketua Komunitas Bakul Kue Rumahan (BKR), Neni Sukmayani.

No bake cake juga menjadi pilihan bagi mereka yang malas menyalakan oven lantaran merasa mubazir jika hanya membuatnya dalam jumlah sedikit. Pasalnya, rata-rata oven menggunakan daya listrik cukup besar. Meski begitu, belum banyak orang mengetahui bahwa kue bisa dibuat tanpa dimasak. Padahal, kudapan tersebut cukup akrab di lidah. Beberapa di antaranya ialah cheese cake, pop cake, dan cream fudge. "Karena kebanyakan no bake cake berasal dari luar negeri, jadi belum banyak yang paham," kata pengusaha kue yang akrab disapa Nenis ini.

Nenis mengatakan no bake cake biasanya cocok untuk acara-acara keluarga, seperti arisan dan ulang tahun anak. Biasanya kue jenis ini disajikan lantaran si pembuat enggan menyuguhkan kue-kue berat yang membutuhkan proses pembuatan yang ribet dan pemanggangan lama. "Bisa juga disajikan di acara-acara resmi, tentu dengan tampilan kue yang dekorasinya lebih cantik," ucapnya.

Cheese cake merupakan salah satu kue yang mudah dibuat karena tidak perlu dioven. Sebagai gantinya, gunakanlah kulkas untuk memadatkannya. Membuat cheese cake no bake tidaklah terlalu sulit.

Sebagai langkah pertama, siapkan beberapa bahan yang dibutuhkan, yakni dua bungkus biskuit yang dihancurkan hingga halus, empat sendok makan mentega yang dilelehkan, gula halus, susu kental manis, dan butter sesuai selera. Untuk bahan cream cheese-nya, sediakan satu cup krim keju, satu bungkus whipped cream siap kocok, gula halus sesuai selera, satu sendok teh vanila bubuk, dan satu sendok teh perasan jeruk lemon.

Untuk membuat alasnya, campurkan biskuit yang telah dihancurkan dengan gula halus, mentega leleh, susu kental manis, dan mentega. Aduk sampai rata. Coba ambil segenggam adonan dan remas-remas. Apabila tidak hancur, Anda telah mendapatkan konsistensi tepat. Jika masih hancur, tambahkan lagi mentega.

Siapkan loyang bongkar pasang. Tuangkan adonan tersebut dan ratakan dengan sendok di bagian alasnya lalu padatkan di bagian pinggirnya. Setelah itu, masukkan dasar kue di dalam freezer selama sekitar empat jam atau lebih. Loyang tersebut sebaiknya ditutup dengan plastik agar tidak kena tetesan air kulkas.

Untuk pembuatan krimnya, kocok whipped cream dalam satu wadah. Di wadah lain, kocok krim keju, gula halus, vanila bubuk, mentega, dan perasan lemon. Setelah itu, tuang setengah bagian whipped cream ke dalam adonan cream cheese, lalu aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah dibekukan tadi.

Sebagai pelengkap, kita bisa menggunakan buah stroberi, selai stroberi, air hangat, dan agar-agar putih. Caranya, campur selai stroberi dengan air hangat, sisihkan. Berikutnya, cuci bersih stroberi, potong rata pangkalnya agar stroberi dapat berdiri tegak sebagai hiasan. Lantas, masak agar-agar putih sesuai petunjuk kemasan.

Setelah cheese cake mengeras, keluarkan dari freezer. Tuang campuran selai stroberi  ke atas cheese cake. Susun stroberi hingga menutupi seluruh permukaan cheese cake. Terakhir, sapukan dengan kuas agar-agar putih ke stroberi agar terlihat mengkilat. Kue ini bisa dimasukkan kembali ke kulkas selama satu jam untuk penyelesaian akhir. ed: reiny dwinanda

***

Pops Cake nan Menawan

Selain cheese cake, aneka kue lain yang bisa dibuat tanpa dipanggang adalah pops cake. Camilan ini mulai menjadi tren untuk dihidangkan pada acara ultah anak-anak. Desain kue yang dapat dibuat beraneka bentuk ini cocok untuk anak-anak.

Bahan dasar pops cake sama seperti kue brownies. Bahan-bahan yang diperlukan untuk campuran kue adalah kue yang sudah jadi, seperti kue bolu. Siapkan gula halus secukupnya, satu sendok susu, empat sendok makan mentega, dan dark cooking chocolate sesuai selera. 

Ikuti langkah berikut untuk membuatnya. Bolu yang sudah jadi tadi dihancurkan hingga menjadi remahan. Menghancurkannya bisa menggunakan garpu atau tangan. Di wadah lain, campur bahan-bahan, seperti darck cooking chocolate/, gula halus, susu, dan mentega. Aduk bahan sehingga semua tercampur merata.

Setelah itu, kue yang sudah dihancurkan dapat dicampur dengan adonan tersebut. Campuran ini diharapkan menghasilkan adonan kue yang lembut dan agak lembab agar bisa dibentuk. Jika adonan belum bisa dibentuk, Anda dapat menambahkan sedikit susu lagi. Tutup adonan dengan bungkus plastik dan biarkan dalam suhu dingin beberapa jam. Setelah itu, adonan bisa dibentuk menjadi bola-bola.

Proses selanjutnya adalah membuat kue bola menjadi pops cake. Bahan-bahan yang diperlukan adalah cokelat chip 10 ons, cokelat putih 10 ons, stik permen, dan permen atau mesis warna warni. Bahan pelengkap ini diharapkan mampu membuat kue terlihat lebih menarik. Anda dapat membuat berbagai karakter dari kue ini. Buatlah bersama dengan anak agar terasa lebih menyenangkan. Setelah dibentuk, kue ditusuk menggunakan stik permen tadi. Anda bisa menyelupkannya dalam dark cooking chocolate dan balurkan dengan permen atau mesis warna-warni. "Pop cakes bisa disimpan dalam kulkas jika belum ingin dikonsumsi," kata Nenis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement