Selasa 07 Oct 2014 12:00 WIB
Tips

Indah dengan Kaca Patri

Red:

Pemilihan kaca patri yang berkualitas baik tidak terlepas dari perajinnya. Perajin yang berpengalaman sangat menentukan baik tidaknya kaca patri tersusun.

Jenis bahan juga menjadi faktor penentu kualitas kaca patri. Saat ini, kaca patri tidak hanya didatangkan dari Amerika, tapi juga berasal dari India, Taiwan, dan Cina. Bahan dari Amerika lebih banyak warnanya dan lebih halus. Demikian pula dengan tekstur permukaan, menjadi salah satu faktor penentu kualitas kaca.

Pemeliharaan kaca patri sama dengan merawat bahan dari kaca dan tidak serumit perawatan bahan-bahan elektronik. Adapun yang perlu dijaga, yakni menjauhkan kaca patri dari bahan-bahan yang mengandung asam. Bahan tersebut bisa menyebabkan media penyambungnya rusak dan kacanya bisa terlepas.

Tapi jangan khawatir lantaran saat ini ada teknik yang dinamakan insulated triple glass. Prinsip dari teknik ini, yaitu melapisi kaca patri dengan kaca biasa agar terlindung dari bahan-bahan berbahaya.

Untuk menyedot embun yang berada di ruang antara dua kaca, digunakan swiggel seal. Bahan ini diletakkan di antara dua kaca pengapit kaca patri. Fungsinya, mengisap seluruh kelembaban yang ada.  Dengan begitu, tidak akan ada embun lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement