Selasa 05 Aug 2014 12:00 WIB

spotlight- Tidur Lagi Setelah Terjaga

Red:

Tak sedikit orang yang sulit memulai tidur setelah terbangun saat dering weker baru akan terdengar beberapa jam kemudian. Ternyata, ada sejumlah aktivitas yang dapat dilakukan agar mata mudah terpejam. Berikut rekomendasi dari majalah Men’s Health.

* Temaram

Intensitas cahaya, baik dari sumber alami ataupun buatan, memengaruhi kerja otak dan tubuh manusia. Supaya gampang kembali ke alam mimpi, biarkan lampu kamar tetap temaram. "Tubuh akan lebih terkondisikan untuk terjaga dengan semakin terangnya cahaya lampu kamar dan semakin lama Anda terpapar olehnya," ujar W Christopher Winter MD selaku direktur Martha Jefferson Sleep Medicine Center, Amerika Serikat. 

* Mata Letih

Saat sukar memulai tidur, ambil buku atau majalah. Akan tetapi, hindari cerita menarik yang membuat jantung berdebar. Kisah seperti itu akan merangsang tubuh untuk terjaga. Sekali lagi, pastikan cahaya kamar tetap tak terang benderang. "Gunakan saja lampu baca," kata Winter menyarankan.

 

* Latihan

Cari posisi tidur yang nyaman dan bertahanlah dengan posisi itu. Membolak-balikkan badan tak ada gunanya. Kalau ingin menunggu kantuk, jauhkan diri dari ponsel, tablet, TV, atau komputer. Cahaya dari peranti elektronik, terutama yang digenggam dengan jarak dekat dengan mata, akan membuat orang terjaga. Alternatifnya, lakukan latihan mental. Contohnya, bayangkan suatu permainan olahraga dan buat detail tiap adegannya. "Dijamin, sebelum ronde berikutnya Anda akan terlelap," ujar Winter. rep:reiny dwinanda ed: reiny dwinanda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement