Selasa 22 Jul 2014 12:00 WIB

tips- Rumah Segar Alami

Red:

Ingin rumah Anda alami dan segar? Cobalah "bermain-main" dengan tanaman. Terutama, yang tak begitu akrab dengan tanaman, boleh jadi akan ragu untuk menerapkan saran ini. "Tapi yakinlah, mendekor ruang dengan tanaman sebenarnya mudah, asal Anda tahu kuncinya," kata Mary Gauden, seorang desainer interior dari Amerika.

Hal pertama yang Anda lakukan, yakni menyesuaikan tanaman dengan vas atau potnya sesuai besar kecilnya ruangan tempat tanaman itu diletakkan. Jangan lupa gunakan warna dan tekstur untuk menciptakan kedalaman dan keseimbangan visual. "Dan, satu hal lagi yang diperhatikan adalah dinding. Apakah dinding yang jadi latar belakang tanaman itu dilapisi wallpaper ataukah dibalur cat," ujar Gauden.

Nah, berikut ini Gauden memberikan beberapa tips dalam "mempermainkan" tanaman di beberapa ruang. Ternyata, tiap-tiap ruang tak bisa dihias dengan sembarang tanaman. Untuk dapur misalnya, pilihlah tanaman menjuntai, lalu tempatkanlah ia di puncak lemari dapur (kitchen set). Jika di dekat kitchen set ada meja makan atau meja lainnya, hiasilah dengan tanaman yang berbunga.

Dan bila Anda menggunakan wallpaper, pilih bunga yang warnanya senada dengan wallpaper. Bisa juga Anda tambahkan aksen lain di sudut dapur Anda, yang tak hanya menambah cantik, tapi juga praktis.

Caranya, tanamlah tumbuhan yang digunakan untuk bumbu atau sayur. Misalnya, seledri, daun bawang, dan sebagainya. "Untuk semua ini, Anda harus pastikan bahwa dapur mendapatkan cahaya matahari."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement