Jumat 21 Oct 2016 11:00 WIB

Jamu Indonesia Dipasarkan ke Luar Negeri

Red:

SEMARANG -- Jamu asli Indonesia mulai dipasarkan ke luar negeri, di antaranya ke kawasan Timur Tengah dan ASEAN. Hal ini diungkapkan Ketua Gabungan Pengusaha Jamu Jawa Tengah Nyoto Wardoyo, Rabu (19/10)

"Kalau untuk memperkenalkan jamu ke luar negeri saat ini sudah mulai aware,'' ungkap Nyoto. Banyak duta besar Indonesia yang terlibat dalam mengenalkan produk jamu ini. Mereka menyosialisasikan jamu ke negara-negara yang membutuhkan jamu.

Di antaranya, negara-negara Arab dan Hong Kong. "Banyak juga tawaran untuk bisa menjual ke sana. Jadi, ekspor jamu Indonesia semakin hari semakin baik karena mereka sudah menyadari bahwa produk ini menunjang kesehatan masyarakat," kata Nyoto.

Sementara itu, pihaknya juga mengapresiasi langkah pemerintah yang sudah memberikan kemudahan dan mendorong industri jamu agar maju. Meski demikian, ia berharap adanya kecepatan dari pemerintah dalam pengurusan perizinan.

''Sekarang ini kan semua serba-online. Kalau kami mengurus dan semua sudah sesuai dengan yang disyaratkan, ya segera dikeluarkan izinnya, ini yang masih kami harapkan," katanya.

Terkait dengan sisi bisnis, Gabungan Pengusaha Jamu berharap adanya sinergi antara petani, pengusaha, dan peneliti dari perguruan tinggi. Ia pun berharap kelak produk jamu ini bisa masuk ke program BPJS Kesehatan.

Artinya, jelas dia, ketika masyarakat berobat ke tenaga medis jika sakitnya ringan, misalnya, hanya masuk angin, batuk, atau flu bisa diobati dengan jamu. "Kalau penyakit berat, silakan pakai obat impor, kalau masih ringan diharapkan tenaga medis merekomendasikan jamu.''

Nyoto mengatakan, dengan upaya tersebut, pasar jamu bisa semakin luas, baik di dalam maupun luar negeri.      antara, ed: Ferry Kisihandi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement