Jumat 19 Aug 2016 18:00 WIB

PLUT-Kampung UKM Digital Bersinergi

Red:

Jakarta - Survei Boston Consulting Group di 11 negara G20 menyebutkan bahwa dampak dari pemanfaatan internet oleh UMKM adalah peningkatan pendapatan 22 persen lebih besar dibandingkan UMKM yang kurang atau tidak memanfaatkan internet. Berdasarkan hal itu, Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan PT Telkom dalam pendampingan KUMKM melalui program Kampung UKM Digital.

"MoU sudah kita tanda tangani pada 25 Mei 2016 lalu di Yogyakarta, dengan tujuan untuk meningkatkan penetrasi digital pelaku UMKM," kata Deputi Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Yuana Setyowati, kepada wartawan di Jakarta, Jumat (12/8).

Menurut Yuana, tujuan lain kerja sama pendampingan digitalisasi tersebut adalah untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing koperasi dan UMKM melalui sinergitas peran PLUT-KUMKM dengan Kampung Digital UKM Telkom.

"Selain itu juga untuk optimalisasi peran Pusat Latihan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM dan Kampung Digital UKM Telkom untuk peningkatan kualitas dan akses pemasaran produk koperasi dan UMKM," ujar Yuana.

Ia juga menyebutkan, pihaknya telah membangun 49 unit PLUT (24 di provinsi dan 25 di kabupaten/kota) dengan 293 tenaga pendamping. Untuk tahap awal, kata Yuana, PLUT yang akan bersinergi dengan Kampung UKM Digital di antaranya PLUT Sukabumi, PLUT Subang (90 persen penyiapan infrastruktur), PLUT Wakatobi (inprogress penggunaan MangoStar untuk akses berhubung lokasi tidak terjangkau akses FO/Copper), PLUT Banten (75 persen penyiapan infrastruktur), dan PLUT Tarakan (siap di-launching).

"Target selanjutnya 37 lokasi PLUT akan dilakukan sinergi program Kampung UKM Digital hingga akhir 2016," kata Yuana.

Yuana menambahkan, program Kampung UKM Digital PT Telkom merupakan katalisator terciptanya ekosistem bisnis melalui pemanfaatan Information Communication and Technology (ICT) secara komprehensif dan integratif, untuk mendukung usaha KUMKM.

"Dalam pelaksanaannya, pengembangan Kampung UKM Digital dilakukan dengan optimalisasi PLUT-KUMKM yang telah mendampingi UMKM di sentra-sentra produksi," kata Yuana.

Dalam kesempatan yang sama, EVP DBS PT Telkom, Tri Gunadi, mengatakan bahwa Telkom mendorong para pelaku UKM untuk memanfaatkan ICT secara komprehensif dan integratif, untuk mendukung bisnis yang berjalan di Kampung UKM yang diluncurkan sejak Juli 2015 dalam rangka mewujudkan UKM yang maju, mandiri, dan modern.

Target Kampung UKM Digital pada 17 Agustus 2016 sebanyak 300 lokasi. "Hingga saat ini telah diresmikan 205 lokasi yang tersebar dari Sabang hingga Merauke," kata Tri Gunadi.    ed: Ichsan Emrald Alamsyah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement