Jumat 29 Apr 2016 18:00 WIB

Zimbabwe Ingin Smesco Latih Pasarkan Produk UKM

Red:

JAKARTA — Menteri Dalam Negeri Zimbabwe Hon Dr I Chombo mengaku ingin belajar cara mempromosikan produk-produk UKM di Indonesia. Apalagi, ternyata negaranya tak memiliki pusat promosi produk UKM sebesar Smesco.

Menurut Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharam, Smesco merupakan pusat informasi dan promosi produk-produk UKM dari berbagai daerah di Indonesia. Negara-negara yang mempunyai pusat promosi UKM, antara lain, baru Jepang, Korea, Taiwan, Thailand, Maysia, dan Amerika Serikat.

Ia mengatakan sudah banyak negara yang belajar mempromosikan produk-produk UKM-nya ke Smesco. Dalam sepekan kemarin ada sejumlah negara yang berkunjung dan belajar dari Smesco, antara lain, Brunei, Senegal, Kenya, Mesir, dan terakhir Zimbabwe.

Menurut  dia para delegasi Zimbabwe merasa kagum dan merasa puas terhadap cara Smesco mempromosikan produk-produk UKM. "Produk-produk kita menurut mereka bagus dan sangat berkualitas, seperti produk handycraft, batik, furnitur, dan lain-lain," tutur Agus Muharam.

Zimbabwe juga ingin agar Smesco melatih mereka cara mempromosikan produk UKM miliknya. "Mereka berjanji ingin berkunjung lagi ke sini, mereka kagum dan puas melihat produk-produk kita. Zimbabwe ini merupakan negara yang sangat besar dan terkenal di Afrika," tambah Agus Muharam.

Produk-produk dari Indonesia juga akan dipromosikan di Zimbabwe. Terutama mereka sangat menyukai produk mebeler dan tas yang terbuat dari eceng gondok.

"Bahkan, mereka membeli batik mau dipakai buat acara dinner malam ini," papar Agus Muharam.

Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan dukungannya terhadap upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang bergerak di bidang jasa perhotelan dan restoran sebagai bagian penting industri pariwisata Indonesia.

Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS pekan lalu mengatakan, SDM hotel dan restoran menjadi pilar penting bagi berkembangnya industri pariwisata di Indonesia.

"Kami sadar bahwa industri pariwisata merupakan sektor yang paling banyak diperkuat oleh para pelaku koperasi dan UKM sehingga kami sangat mendorong upaya pengembangan SDM yang bergerak di bidang hotel dan restoran," katanya.   ed: Ichsan Emrald Alamsyah  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement