Jumat 26 Feb 2016 17:00 WIB

Jadikan Kopma Basis Kewirausahaan

Red:

JAKARTA — Kementerian Koperasi dan UKM mendorong koperasi mahasiswa (kopma) untuk menjadi basis kewirausahaan, terutama wirausaha di bidang teknologi digital. Apalagi, sekarang tren bisnis e-commerce sedang tinggi. Sehingga, industri bisnis teknologi digital diyakini menjadi usaha masa depan.

Sekretaris Kementerian Koperasi (Sesmenkop) dan UKM Agus Muharram mengatakan, koperasi merupakan wadah, bukan saja untuk perekonomian bangsa, melainkan juga sebagai tempat pembelajaran, pelatihan, dan praktik bisnis. Sehingga, yang bergabung dalam koperasi akan mendapatkan keuntungan ganda. Apalagi, kalau koperasi itu berupa kopma, maka otomatis menjadikan anggotanya belajar sambil langsung praktik.

 

Karena, tujuan utama dibentuknya kopma adalah untuk menciptakan jiwa-jiwa wirausaha pada mahasiswa. Sedangkan, selebihnya merupakan nilai lebih sesuai keinginan kopma masing-masing. Seperti, biaya hidup yang jadi lebih murah karena dapat berbagai potongan harga dan setiap tahun mendapat keuntungan dari poin yang terkumpul sebagai bagian sisa hasil usaha (SHU) kopma itu sendiri.

"Harapan besar dari kopma akan muncul jiwa-jiwa wirausaha yang berawal dari berkoperasi. Di koperasi terdapat pula market dan industri. Misalnya, anggota yang punya produk kerajinan tangan atau produk apa pun, pasarnya ditaruh di koperasi itu sendiri. Di situ pula jadi barometer sebelum masuk pasar ritel modern. Kita sudah menyadari, kita butuh koperasi karena mampu untuk posisi bargaining market. Jadi, kalau belum ditemukan market, ya paling dekat dan mudah di koperasi bentukannya sendiri," kata Agus memaparkan, Ahad (21/2).

Kalau menyangkut modal, lanjut Agus, sebenarnya faktor cash flow saja. Artinya, kalau cash flow-nya ada, bisa jadi modal untuk mendapatkan akses peminjaman di kredit usaha rakyat (KUR) atau di lembaga bentukan Kemenkop dan UKM LPDB (Lembaga Pengelola Dana Bergulir).

Sekretaris Lembaga Kemahasiswaan Bidang Pengembangan Karakter ITB Bambang Setiabudi mengklaim, jumlah wirausaha dari ITB sebanyak tujuh persen dari 3.000 jumlah mahasiswanya setiap tahun. Salah seorang alumni yang terkenal saat ini adalah Ahmad Zaki, CEO Bukalapak.com. ed: Ichsan Emrald Alamsyah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement