Jumat 12 Feb 2016 21:09 WIB

Palangkaraya Siap Gelar Wisata GMT

Red: operator

PALANGKARAYA — Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, siap menyukseskan penyambutan wisata Gerhana Matahari Total yang diprediksi terjadi pada 9 Maret 2016.

 

"Penanggung jawab semua rangkaian kegiatan GMT dinas pariwisata. Mulai dari pendanaan hingga penyediaan tenda untuk gerai," kata Kadiskoperindag Kota Sahdin Hasan di Palangkaraya, Rabu (10/2). Dia mengatakan, keterlibatan pemda dalam penyambutan fenomena alam yang hanya terjadi 40 tahun sekali itu untuk mengoordinasi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ikut terlibat.

 

Pihaknya, tutur dia, menyiapkan para pelaku UMKM dan hasil produksinya. Dalam kesempatan itu, UMKM akan menjajakan produk khas Palangka Raya, seperti aneka snack dalam kemasan seperti keripik kelakai dan berbagai makanan hasil produksi lainnya.

 

Diskoperindag juga menyiapkan berbagai produk hasil kerajinan seperti anyaman rotan dan aneka cinderamata yang terbuat dari getah kayu. Jumlah pelaku UMKM yang akan dilibatkan belum bisa dipastikan karena sedang dikoordinasikan dengan Disparekraf.

 

Pemerintah "Kota Cantik" Palangka Raya saat ini terus berupaya mematangkan persiapan untuk menyambut moment GMT. Hal yang dilakukan ialah melakukan promosi serta meningkatkan kerja sama dengan pelaku seni, pelaku komunitas, serta usahawan swasta seperti agen travel dan pengusaha hotel.

 

Selain itu, pemerintah ibu kota provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" itu juga menyiapkan kegiatan festival kuliner, tari tradisional, hingga nonton GMT bersama. Direncanakan seluruh kegiatan tersebut berpusat di Stadion Sanaman Mantikei. antara, ed: Ichsan Emrald Alamsyah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement