Kamis 18 Sep 2014 12:00 WIB

Kemenag Revisi Buku Pedoman Guru MTs

Red:

JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) akhirnya merevisi tiga kalimat dalam buku pedoman guru sejarah kebudayaan Islam (SKI) untuk madrasah tsanawiyah (MTs) Kelas VII. Revisi tersebut dilakukan usai adanya kritik dari sejumlah pihak tentang kalimat bernada sara di buku itu.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah mengeluarkan Surat Edaran No SE./Dj. I/HK.00.7/133/2014 tentang Perbaikan Redaksi Buku Pedoman Guru SKI Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas VII. Direktur Pendidikan Madrasah Nur Kholis Setiawan mengungkapkan, terdapat tiga kalimat yang direvisi setelah melewati saran dan masukan dari berbagai pihak.

Dia menjelaskan, adanya kekeliruan dalam konten buku tak lebih dari kekhilafan yang harus segera diperbaiki. Penerbitan buku tersebut tak bermaksud menyinggung atau merendahkan kelompok tertentu. "Saya bertanggung jawab atas kekeliruan ini makanya kita susul dengan ralat agar tidak menimbulkan gejolak lanjutan," ujarnya, Rabu (17/9).

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sebelumnya meminta Kemenag mencabut peredaran buku panduan yang termasuk dalam Kurikulum 2013 tersebut. Dalam buku itu, tertera makam wali sebagai contoh dari berhala masa kini.

Wakil Sekretaris Jenderal PBNU Abdul Mun'im DZ mengungkapkan, tim penulis buku dari Ditjen Pendis Kemenag RI secara langsung menciptakan konflik terbuka di tengah keharmonisan umat Islam. "Yang paling mendesak, buku itu harus dicabut dari peredaran dulu," kata Wasekjen PBNU H Abdul Mun’im DZ di kantor PBNU Jakarta Pusat, Selasa (16/9) sore.

Menurutnya, lolosnya buku tersebut dari percetakan menjadi bukti keteledoran Kemenag. Padahal, ujarnya, pemerintah diberi amanat untuk menjaga ketertiban dan kerukunan kehidupan umat beragama. Mun’im mengingatkan, Kemenag tidak boleh dipakai untuk kepentingan segelintir umat Islam. "Kemenag institusi negara. Ia harus bekerja dalam rangka menciptakan kerukunan dan keharmonisan umat beragama," terangnya.

Pada Bab I bertema tentang "Kearifan Nabi Muhammad SAW" terdapat instruksi bagi para guru supaya meminta peserta didik berdiskusi tentang kondisi keimanan umat sekarang. Murid diminta mendiskusikan tentang perbandingan antara kondisi kepercayaan Makkah dengan kondisi kepercayaan, akhir-akhir ini. rep:c78 ed: a syalaby ichsan

Revisi tiga kalimat di halaman 14 buku SKI kelas VII MTs

1.Berhala dilakukan oleh agama selain Islam yaitu Hindu dan Buddha diganti redaksinya menjadi  Berhala dilakukan oleh kepercayaan lain.

2. Berhala sekarang adalah kuburan para wali diganti redaksinya menjadi Berhala sekarang adalah kuburan yang dianggap keramat.

3. Istilah dukun berubah menjadi paranormal atau guru spiritual direvisi menjadi Istilah dukun berubah menjadi paranormal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement