Senin 18 Aug 2014 19:16 WIB

DD Bangun Sekolah di Gaza

Red: operator

JAKARTA -- Lembaga filantropi Dompet Dhuafa (DD) berencana membangun sekolah untuk warga Gaza, Palestina. Program ini berangkat dari keprihatinan terhadap kondisi sekolah-sekolah di Gaza yang tak luput dari serangan Israel.

"Untuk pelaksanaan program tersebut, DD akan menunggu hingga situasi benar-benar aman," ungkap Direktur Sumber Daya dan Komunikasi DD Yuli Pujihardi, Jumat (15/8). Saat ini, lanjut dia, tim kemanusiaan DD di Gaza sedang mengecek lahan dan hal-hal lain yang terkait. Pengecekan ini akan menentukan keputusan apakah DD nantinya membangun sekolah baru atau cukup merenovasi sekolah-sekolah yang telah ada.

 

 

 

 

 

 

 

 

foto:domptdhuafasinggalang.org

Dikatakan Yuli, seluruh rencana dan kegiatan DD dalam menyalurkan bantuan untuk Gaza tak lepas dari peran serta masyarakat dalam menitipkan hartanya ke lembaga ini. "Karenanya, kami kembali mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bersama dalam satu barisan meringankan beban saudara-saudara kita di Gaza," ujar Yuli.

Sebelumnya, bantuan kebutuhan pokok terus mengalir ke Gaza dari sejumlah organisasi dan lembaga kemanusiaan Indonesia, termasuk dari DD. Di tengah kondisi yang masih mencekam akibat invasi militer Israel terhadap Palestina, DD bermitra dengan Palestinian Welfare House (PWH) terus mengalirkan bantuan. "Hingga Rabu (6/8), bantuan telah tersalurkan kepada lebih dari 530 kepala keluarga," kata dia.

Yuli menuturkan, bantuan berupa bahan makanan pokok, seperti tepung, susu, minyak goreng, teh, dan lain sebagainya tersebut disiapkan dari gudang Gaza Food Bank Dompet Dhuafa. Sejak 2011, Gaza Food Bank dioperasikan untuk mendukung ketahanan pangan warga Gaza.

Saat ini, di tengah gencatan senjata yang masih berlangsung, DD melakukan pendistribusian tahap lanjutan untuk sekitar 1.000 kepala keluarga lainnya. Bantuan tersebut berupa makanan siap santap dengan realisasi pembelian sapi untuk dapur umum, distribusi air bersih, dan paket bahan makanan pokok.

Pada saat yang sama penyaluran bantuan juga diberikan kepada sekitar 330 kepala keluarga. Social Development Manager DD Nugroho Indera Warman menyebut, bantuan yang diberikan berupa makanan siap santap. Akan dilaksanakan pula program pembelian sapi dan pemasakannya di dapur umum untuk kemudian dibagikan kepada warga Gaza. Selain itu, DD juga mendstribusikan air bersih, sembako, dan peralatan operasional yang mendesak sebagai pendukung bantuan lainnya. rep:c78 ed: wachidah handasah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement