Selasa 22 Jul 2014 16:30 WIB
mudik kebersamaan

Yang Perlu Diingat Saat Mudik

Red:

* Perjalanan jauh yang memakan waktu lebih dari 10 jam menuju kampung halaman, apalagi melalui perjalanan darat memang melelahkan. Berikut ini sejumlah tips ringan yang perlu diperhatikan selama mudik.

* Siapkan makanan ringan atau kering, buah buahan, dan minum air putih selama perjalanan agar perut tidak kosong. Jika tetap ingin membawa bekal makanan basah atau nasi dan lauk-pauk, hendaknya tidak dikonsumsi kurang dari enam sampai delapan jam setelah pembuatan. Mengingat makanan tersebut tidak tersimpan dengan kondisi baik selama perjalanan.

* Bagi para pemudik yang tetap ingin berpuasa diusahakan agar perjalanan mudik dilakukan saat sehabis berbuka puasa. Perjalanan malam lebih menguntungkan selain udara yang lebih dingin saat perjalanan malam tersebut kita tidak dalam keadaan berpuasa.

* Jangan membeli makanan dan minuman di pinggir jalan mengingat kualitas kesehatan makanan dan minuman yang belum tentu terjaga dengan baik karena selalu terpapar dengan panas. Terutama untuk makanan dan minuman rumahan (home made) yang berpotensi terkontaminasi debu dan kotoran lain karena dijajakan di jalan raya.

* Bawa obat-obatan sederhana, antara lain, obat anti diare, obat sakit kepala, obat antialergi, obat antimual-muntah khususnya untuk mencegah mabuk perjalanan serta, obat sakit maag sebagai obat pertolongan pertama. Selain itu, krim/balsem penghangat badan juga membantu yang bisa digunakan selama perjalanan.

* Bagi para pemudik dengan penyakit kronis, seperti penderita kencing manis, hipertensi, asma, kolesterol tinggi, dan asam urat harus selalu ingat untuk membawa obat-obatan yang rutin dikonsumsi dengan jumlah yang cukup baik selama berada di kampung maupun saat kembali. Dalam suasana Lebaran ini tidak bisa diprediksi apotek dan toko obat yang buka selama perjalanan atau saat kita berada di kampung halaman.

* Pilihan mudik malam hari merupakan pilihan yang tepat mengingat suhu udara yang lebih dingin dan perjalanan yang lebih lenggang. Walau dalam puncak mudik sepanjang hari pada daerah-daerah tertentu, tetap terjadi kemacetan yang panjang. Tapi, dengan suhu udara yang dingin kita tidak cepat dehidrasi apalagi jika menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

* Bagi pemudik yang memang menggunakan kendaraan umum, barang bawaan juga harus menjadi perhatian. Mengingat barang tersebut harus dibawa sendiri dan ini akan lebih menguras tenaga apalagi pemudik yang membawa anak-anak yang masih kecil. Lebih baik barang bawaan khususnya oleh-oleh lebih mudah jika dipaketkan terlebih dahulu. Pada akhirnya, perjalanan mudik yang rutin dilakukan setiap tahun ini tetap harus dipersiapkan dengan baik agar kita tetap selalu sehat sesampainya di kampung halaman dan tempat tujuan. rep:indah wulandari ed: hiru muhammad

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement